Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

6 Tanaman Ini Ampuh Usir Nyamuk dari Rumah
Oleh : Redaksi
Selasa | 20-08-2019 | 17:53 WIB
lavender11.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Nyamuk dianggap sebagai salah satu predator paling berbahaya karena menyebabkan banyak penyakit mematikan seperti malaria dan demam berdarah. Ini bermula ketika 1897 Sir Ronald Ross, seorang dokter Inggris, menemukan hubungan antara penyakit malaria dengan nyamuk.

Lebih dari seabad kemudian, banyak teknologi yang diciptakan untuk mengusir nyamuk. Tapi, bagaimana pun, pengusir nyamuk alami tetaplah yang yang terbaik. Memperingati Hari Nyamuk Sedunia setiap 20 Agustus, berikut enam tanaman yang bisa Anda gunakan untuk mengusir nyamuk dari rumah.

1. Basil
Tidak hanya untuk melengkapi menu makan Anda, daun basil juga mampu melindungi Anda dari nyamuk. Aromanya daunnya yang menyengat membuat nyamuk lebih memilih untuk menjauh. Menurut studi yang diterbitkan di Malaria Journal pada 2011, minyak esensial dari basil memberikan tingkat perlindungan nyamuk hingga 100 persen.

2. Lemon balm
Tanaman ini berasal dari keluarga mint dengan aroma lemon yang segar. Tidak seperti manusia, nyamuk bukan penggemar aroma lemon. Itulah sebabnya, sangat tepat untuk memiliki tanaman ini di halaman rumah Anda.

3. Catnip
Catnip sering digunakan sebagai herbal untuk membuat kucing lebih aktif. Digemari kucing, tanaman ini sangat dibenci nyamuk. Menurut penelitian, catnip memiliki minyak esensial yang disebut dengan nepetalactone. Minyak ini disebut lebih efektif daripada racun serangga.

4. Serai
Sejumlah penelitian membuktikan bahwa serai ampuh mengusir nyamuk. Bahkan para peneliti dari University of New Mexico, Amerika Serikat, memaparkan bahwa serai efektif membunuh larva nyamuk. Itu sebabnya sebagian besar lilin untuk luar ruangan dibuat dengan menggunakan minyaknya. Anda juga bisa menanam tanaman ini di halaman untuk mengusir nyamuk.

5. Lavender
Lavender telah dikenal lama sebagai tanaman musuh nyamuk karena aromanya. Tanaman ini mengandung dua zat yang tidak disukai nyamuk, yaitu linalool dan lynalyl asetat. Tanaman cantik ini bisa Anda letakkan di dekat jendela atau pintu untuk menghalangi nyamuk masuk.

6. Marigold
Tanaman yang umumnya memiliki bunga kuning ini mengandung thiophenes, senyawa dengan sifat pengusir serangga. Selain nyamuk, tanaman ini juga dapat membuaut kutu daun, hama thrips, dan lalat enggan mendekat.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha