Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PKS Siap di Luar Pemerintahan
Oleh : Redaksi/Tempo.Co
Senin | 02-04-2012 | 12:41 WIB

JAKARTA, batamtoday - Ketua Partai Keadilan Sejahtera Aboe Bakar Al Habsy menyatakan partainya siap berada diluar koalisi. Hal ini, menurutnya sudah ditegaskan oleh Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaq dalam Mukernas PKS pekan kemarin. 

"PKS akan tetap bekerja dalam kondisi apapapun, ini telah disampaikan presiden pada Mukernas Medan kemarin," ujarnya seperti dikutip Tempo.Co. 

Posisi PKS dalam koalisi kembali terancam. Sejumlah kader Partai Demokrat meminta Presiden SBY mendepak PKS dari koalisi karena berani menentang kenaikan harga BBM dalam rapat paripurna di DPR Jumat kemarin.  

Sikap ini diambil setelah opsi PKS yang mensyaratkan hara rata-rata minyak harus naik 20 persen dari patokan harga minyak dunia tak dihiraukan anggota koalisi lainnya. Penolakan PKS ini bersebrangan dengan sikap anggota koalisi lainnya.  

Aboe mengatakan, partainya telah berkomitmen untuk bekerja membela kepentingan rakyat. Menurutnya, kebijakan kenaikan BBM tidak mencerminkan pemerintahan yang pro kepada rakyat. Karena itu, PKS siap menerima konsekuensi dari segala sikap tegas mereka. "Ada atau tidak kader kita di pemerintahan, PKS akan tetap bekerja untuk  bangsa," ujar pria tambun ini. 

Ia juga mengatakan, kader PKS tak mempermasalahkan posisi PKS jika nantinya terlempar dari koalisi. Menurutnya, tiga kader PKS yang menduduki posisi menteri saat ini juga akan mendukung sikap partainya.