PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rayakan HUT RI ke-74, Bupati Karimun Lepas Lomba Gerak Jalan yang Diikuti Ribuan Pelajar di Coastal Area
Oleh : Freddy
Minggu | 18-08-2019 | 13:25 WIB
lomba_gerak_jalan_karimun.jpg honda-batam
Lomba gerak jalan tingkat pelajar yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karimun di Coastal Area (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Lomba gerak jalan tingkat pelajar yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karimun menambahkan kemeriahan Perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun 2019 .

Lomba gerak jalan yang diikuti ribuan pelajar ini dibuka dan dilepas secara resmi oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Minggu,(18/8/2019) pagi di Jalan Coastal Area .Tanjungbalai Karimun.

Dalam sambutannya, Bupati Karimun, Aunur Rafiq meminta untuk mengisi kemerdekaan Indonesia ini dengan sebaik-baiknya, yakni membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme pada generasi muda.

Menurutnya, melalui semangat kemerdekaan kita cetak generasi yang nantinya dapat meneruskan estafet kepemimpinan.

Sekarang ini perlu dihindari dan jauhkan hal-hal negatif seperti pemakaian narkoba yang selalu mengancam bagi generasi muda.

Kabid Olahraga Dispora Kabupaten Karimun, Abdullah, mengatakan, pada tahun ini lomba gerak jalan hanya pada tingkat pelajar saja dan tidak ada yang untuk umum maupun 45 kilometer.

Dijelaskannya, bukan Dispora tidak mau membuat lomba gerak jalan tingkat umum dan 45 kilometer seperti yang dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya ,tetapi karena kondisi keuangan daerah dan anggaran di Dispora yang terkena rasionalisasi.lomba gerak jalan hanya untuk tingkat pelajar saja yang bisa dilaksanakan.

Ditambahkan Abdullah, para pemenang blomba gerak jalan yang masuk 5 besar akan mendapatkan bantuan uang pembinaan yang jumlah angkanya saya tak ingat pasti .

"Nanti saya tanyakan data akurat dari staf saya Haizir , karena kalau salah sebut nilainya bisa jadi persoalan pula nanti." Jelas Abdullah.

Dari Data yang diperoleh BATAMTODAY,jumlah peserta gerak jalan ini diikuti sebanyak 292 regu yang terdiri dari pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) sebanyak 132 regu, Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 97 regu dan Tingkat Sekolah Menengah Umum (SMU) sebanyak 63 regu .

Adapun jarak tempuh gerak jalan tingkat pelajar ,dibagi dalam tiga kategori yakni tingkat SD putri dan putra menempuh jarak 5 kilometer, sedangkan tingkat pelajar SMP Putri dan putra sejauh 10 kilometer, Sementara tingkat SMU putri sejauh 16 kilometer dan putranya sejauh 17 kilometer.

Lomba gerak jalan tingkat pelajar dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun ini selain dilepas secara resmi Bupati Karimun Aunur Rafiq ,Dihadiri juga wakil Bupati Karimun,Anwar Hasyim ,dan pejabat pemerintah Kabupaten Karimun serta Ketua Umum KONI Kabupaten Karimun,Jhon Abrison yang diberikan kesempatan mengibarkan bendera pelepasan regu gerak jalan.

Sementara di lokasi Coastal Area yang menjadi lokasi start dan finish peserta lomba gerak jalan , terlihat antusias warga masyarakat menyaksikan lomba gerak jalan dalam rangka HUT RI ke 74 di Karimun.

Editor: Surya