PKP

Sebanyak 200 Warga Batam Daftar Program Magang ke Jepang
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 05-08-2019 | 17:05 WIB
Kadisnaker-rudi.jpg honda-batam
Kadisnaker Kota Batam, Rudi Sakyakirti. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 200 orang warga Batam telah mendaftarkan diri untuk mengikuti program magang di Jepang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan hingga batas akhit pendaftaran tanggal 31 Juli 2019 lalu, tercatat sebanyak 200 orang telah mendaftar.

"Sudah daftar lebih kurang 200 orang. Tapi masih ada berkas-berkas calon pemagang yang belum lengkap. Seperti SKCK mati, kartu kuning mati. Jadi kita telepon satu-satu untuk minta mereka perbaiki, dan diperbarui," kata Rudi di Batam Centre, Senin (5/8/2019).

Ia menjelaskan program magang kerja ke Jepang ini merupakan kegiatan Kementerian Tenaga Kerja RI. Pemerintah daerah hanya ditugaskan untuk merekrut calon peserta magang. Batam satu-satunya daerah tingkat dua yang ditunjuk sebagai lokasi rekrutmen. Di daerah lain, rekrutmen dilakukan di tingkat provinsi.

"Pemprov Kepri kemarin sudah lakukan proses rekrutmen. Dan yang lulus hanya 17 orang. Biasanya memang dilakukan oleh Pemprov. Tapi Batam mendapat kuota khusus," ujarnya.

Rudi mengatakan tidak ada pembatasan kuota untuk peserta magang ini. Tapi Kementerian menetapkan target minimal 30 orang bisa didapat dari Batam.

"Setelah seleksi administrasi nanti mereka akan mengikuti tes di Batam. Rencananya September mendatang dari Kementerian dan alumni pemagang di Jepang yang akan melakukan test," katanya.

Menurutnya, program magang ini mencakup hampir semua sektor. Dan biasanya penempatan akan disesuaikan dengan latar belakang pendidikan serta sertifikasi yang dimiliki peserta.

"Misal lulusan SMK teknik mesin, sektornya nanti di bidang yang sama," pungkasnya.

Editor: Yudha