PKP

KRI Bung Tomo-357 Tangkap Kapal Vietnam di Laut Natuna Utara
Oleh : Kalit
Kamis | 18-07-2019 | 20:42 WIB
kapal-vietnam-tangkapan.jpg honda-batam
Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan dan kapal Vietnam hasil tangkapan. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, SE menyambut kehadiran KRI (Kapal Republik Indonesia) Bung Tomo-357 setelah menangkap dua kapal asing berbendera Vietnam di perairan Natuna Utara, Selasa 16 Juli 2019.

Di bawah Komando Kolonel Laut (P) Amrin Rosihan Hendrotomo, SE, KRI Bung Tomo-357 berhasil menangkap para penjarah ikan dari Vietnam dengan mengamankan 2 KIA (Kapal Ikan Asing) Bung Tomo dan dikawal langsung menuju Pos AL Sabang Mawang di Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna Kamis (18/7/2019) siang.

Polemik penangkapan pun berlangsung dramatis saat 1 KIA harus tenggelam akibat mesin kapal terbakar saat dikawal KRI Bung Tomo.

Menurut Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Amrin Rosihan Hendrotomo, sebenarnya KIA Vietnam yang ditangkap oleh KRI TOM-357 adalah dua kapal yaitu KIA Vietnam BV 9379 TS dan KIAV BV 99778 TS.

Sayang, pada saat perjalanan dikawal menuju ke Pangkalan TNI AL Ranai KIA Vietnam BV 9379 TS terbakar dan tengelam, sehingga KIA Vietnam yg diserahkan ke Lanal Ranai hanya BV 99778 TS.

"Salah satu KIA Vietnam yaitu BV 9379 TS mengalami kebakaran dan tidak bisa ditanggulangi sehingga dilaksanakan evakuasi terhadap seluruh personel 7 orang Tim Kawal dan 2 orang ABK KIA Vietnam BV 9379 TS. Terpaksa ABK kapal Vietnam dan anggota saya harus terjun bebas dari kapal" ujar Kolonel Laut (P) Amrin Rosihan.

Lanjutnya, kapal Vietnam BV 99778 TS juga mengalami Masalah mesin saat di kawal KRI Bung Tomo, sehingga kapal mesti ditarik dengan tali dan mengalami putus tali sampai tiga kali. Akibatnya, perjalanan menuju Posal Sabang Mawang Pulau Tiga menghabiskam waktu selama 2 hari 2 malam.

Terkait mesin terbakar, Kolonel Amrin menjelaskan, melalui keterangan Tekong kapal saat ditanya melalui penerjemah bahasa Vietnam ke Indonesia, bahwa kondisi mesin kapal sudah mengalami trouble (masalah) mesin.

Kini para ABK kapal dan Tekong Vietnam diserahkan Komandan KRI Bung Tomo-357 kepada Danlanal Ranai, Kolonel Harry Setyawan untuk ditindak lanjuti proses hukum.

Menurut Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, bahwa KRI Tomo-357 telah melaksanakan prosedur penangkapan KIA Vietnam dengan benar, bahwa pada saat ditangkap dan diperiksa kedua KIA Vietnam tersebut berada di dalam perairan Landas Kontinen Indonesia, bukan di wilayah Grey Area.

Prosedur pengawalan menuju pangkalan TNI AL terdekat juga telah sesuai dengan prosedur. Ada dugaan terbakarnya bahwa terbakarnya KIA Vietnam BV 9379 TS dan rusaknya mesin KIA Vietnam BV 99778 TS adalah disengaja oleh Crew/ABK kedua KIA Vietnam tersebut dengan tujuan untuk menghambat/menghindari proses pengawalan menuju ke Pangkalan TNI AL di Ranai.

Editor: Dardani