Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Atasi Sampah Plastik di Tanjungpinang

Polres Tanjungpinang Gelar Workshop Ecobricker, Edukasi Kelola Plastik Bekas Sekali Pakai
Oleh : Hadli
Selasa | 16-07-2019 | 19:53 WIB
workshop-sampah-plastik1.jpg Honda-Batam
Workshop Ecobricker Polres Tanjungpinang (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polres Tanjungpinang menggelar Workshop Ecobricker Edukasi Kelola Plastik Bekas Sekali Pakai bertempat di Rupatama Polres Tanjungpinang, Selasa (16/7/2019).

Workshop digelar bekerja sama dengan Ecobrick Tanjungpinang dengan menghadirkan GEA Trainer Hidra Atmaja, CODS, CODP, SBs, CHI, CI, Sekretaris Ecobrick Suryadi dan juga bekerjasama dengan Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BCA serta wakil ketua Bank Sampah Tanjungpinang Dedi Iskandar.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi yang didampingi Wakapolres Tanjungpinang Kompol Agung Gima Sunarya, mengatakan, pengelolaan sampah di negeri ini merupakan permasalahan klasik, sepele namun belum juga teratasi sepenuhnya.

"Untuk itu mari kita menggali ilmu dan pengetahuan ini serta menularkannya kepada masyarakat Kota Tanjungpinang. Dan saya sangat berharap dengan kegiatan ini menjadi langkah nyata bagi Polres Tanjungpinang dalam mewujudkan Kota Tanjungpinang yang bersih, aman dan nyaman," katanya.

Menurut Ucok, Ecobrick adalah metode untuk meminimalisir sampah dengan media botol plastik yang diisi penuh dengan sampah anorganik hingga benar-benar keras dan padat. Tujuan dari ecobrick sendiri, tambahnya, adalah untuk mengurangi sampah plastik, serta mendaur ulangnya dengan media botol plastik untuk dijadikan sesuatu yang berguna.

"Contoh pemanfaatannya adalah untuk pembuatan meja, kursi, tembok, maupun barang kesenian lainnya yang bahkan memiliki nilai jual. Kami juga berharap problem sampah dapat kita selesaikan," ujarnya.

Sementara itu, GEA Trainer Hidra Atmaja , S.Kom, CODS, CODP, SBs, CHI , CI menyampaikan apresiasinya kepada Polres Tanjungpinang atas terselenggaranya workshop ini dan bentuk nyata Polres Tanjungpinang yang telah melakukan banyak kegiatan dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan.

Workshop Ecobricker Edukasi Kelola Plastik Bekas Sekali Pakai juga diikuti himpunan Melayu Raya Korwil Tanjungpinang dan kurang lebih 100 orang Personel Polres Tanjungpinang. Dan selanjutnya dilakukan dengan penyerahan cinderamata serta penyampaian materi serta praktek membuat Ecobrick.

Editor: Yudha