Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gandeng Komunitas dan Pelajar, ATB Perbaiki Daerah Resapan Air Waduk Sei Harapan
Oleh : Nando Sirait
Senin | 15-07-2019 | 19:40 WIB
atb-mahasiswa1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

sejumlah siswa SMK Penerbangan Batam lakukan penanaman pohon di DTA Waduk Sei Harapan. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Adhya Tirta Batam (ATB), menggandeng Komunitas pecinta alam dan juga para pelajar dari SMK Penerbangan Batam, dalam melakukan perbaikan di daerah resapan air yang berada di kawasan Waduk Sei Harapan, Sekupang, Senin (15/7/2019).

Adapun kegiatan yang diwujudkan dalam penanaman pohon ini, dilakukan dalam rangkaian ATB - BP Batam Festival Hijau yang akan digelar pada 28 - 29 Juli mendatang.

Ferry Iriadi, Founder Komunitas Budaya Mangrove yang ditemui di lokasi kegiatan menyebutkan, sebanyak 300 dari 1.000 pohon akan ditanam di lokasi daerah tangkapan air (DAT) Waduk Sei Harapan Sekupang tersebut. Ini merupakan tahap awal, guna memperbaiki wilayah yang terdampak pasca kebakaran hutan yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Wilayah yang Terdampak (total keseluruhan) sekitar 200 hektar sampai ke Sei Temiang. Dari jumlah tersebut, sekitar 40 hektar yang terbakar dan baru 2 hektar yang kita lakukan reboisasi bersama-sama," jelasnya.

Selain itu, ia menambahkan kegiatan ini juga guna mewujudkan Batam 'surplus' air baku. Mengingat, saat ini Batam masih mengandalkan air hujan yang ditadah dalam sejumlah waduk. Sementara itu, keadaan waduk yang ada saat ini dalam kondisi memprihatinkan. Dimana pendangkalan hingga kebakaran hutan telah terjadi beberapa kali.

"Kiranya dibutuhkan sebuah kerja keras yang sangat melelahkan dan sebuah aksi nyata untuk merealisasikan hal tersebut," lanjutnya.

Editor: Yudha