PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertemuan Jokowi-Prabowo Langkah Awal Menuju Indonesia Damai
Oleh : Hendra
Sabtu | 13-07-2019 | 15:52 WIB
arif-pyn.jpg honda-batam
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono.

BATAMTODAY.COM, Batam - Beberapa bulan belakangan, sebelum dan juga pasca Pemilu 2019, mungkin kita masih ingat, bagaimana politik telah memecah belah hubungan antar sesama warga negara. Perbedaan pandangan antara dua pemimpin yang kita dukung, menjadi suatu hal yang mampu membuat suasana menjadi tidak lagi hangat.

Namun, hari ini, Sabtu (13/7/2019) semua kembali tampak berbeda. Pertemuan antar dua tokoh yang saling bersaing memperebutkan tampuk kursi orang nomor 1 di negeri ini, bisa jadi adalah sebuah langkah awal menuju Indonesia damai di tengah perbedaan politik yang kita percayai.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono kepada BATAMTODAY.COM mengatakan, ucapan terima kasih kepada Wakil Presiden, HM Jusuf Kalla. Berkat JK akhirnya pertemuan antar Joko Widodo dengan Prabowo Subianto bisa terjadi.

Bagi Arief sendiri, ini adalah suatu langkah awal, menuju Indonesia yang berkerja untuk masyarakat adil dan makmur. "Pak JK punya peranan besar dalam pertemuan antara Prabowo-Joko Widodo," ujarnya, Sabtu (13/7/2019).

Arief melanjutkan, dia dan JK sedari tanggal 1 Mei hingga pertemuan terselenggara, selalu berkomunikasi agar apapun hasil pemilihan presiden (Pilpres) bisa diterima kedua belah pihak, dan kemudian kembali mempersatukan para pendukung kubu 01 dan 02.

"Tidak mudah dan tidak gampang mengatur dua tokoh ini bertemu, walau mereka berdua sebenarnya sangat dekat dan bersahabat," lanjutnya.

Sementara itu, pasca keributan di Bawaslu, 22 Mei pagi yang kelabu itu, Arief dan JK saling berkomunikasi untuk mengatur pertemuan, JK pun bertemu dengan Prabowo agar bisa mencairkan suasana setelah keributan 21-22 Mei.

Lalu setelah dan sebelum putusan MK, Arief dan JK terus berkomunikasi mencari cara dan jalan bagaimana mempertemukan dua sosok tersebut, dengan tujuan agar masyarakat menjadi satu kembali.

"Kemarin Jumat (12/7/2019) pukul 10.00 WIB pagi, saya ditelpon Pak JK. JK mengatakan bahwa sudah saatnya Pak Prabowo bertemu dengan Pak Joko Widodo," terang Arief.

"Waktu itu, pertamanya Pak JK tanya, Rif Pak Prabowo di mana? Saya bilang di Jakarta baru dari luar negeri. Pak JK langsung bilang, sudah saatnya untuk dibuat pertemuan antar mereka berdua, Pak JK akan bicara hari ini pada Pak Joko Widodo," sambung Arief.

Saat itu, JK kepada Arief mengusulkan pertemuan antar dua tokoh ini tidak perlu formal, dan juga tidak membahas politik. "Saya katakan ok Pak JK, nanti saya sampaikan juga sama Pak Prabowo tentang usulan pertemuan itu," tutup Arief.

Dan pada akhirnya, pertemuan antar dua sosok ini pun terjadi. Juga ucapan salut dan terima kasih sama Jusuf Kala yang telah memprakarsai pertemua ini.

Editor: Gokli