Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Negeri Sembilan 2-2 Persebaya

Hadapi Negeri Sembilan, Persebaya Penuhi Target Seri
Oleh : redaksi/Mg
Senin | 26-03-2012 | 10:03 WIB
Mat_Halil.jpg Honda-Batam

Bek senior Persebaya, Mat Halil. Ia berhasil mencetak gol dan membawa klubnya unggul di babak pertama. Foto:Bonekcyber.com

NEGERI SEMBILAN, batamtoday - Bertanding di depan publik Malaysia, Persebaya Surabaya berhasil menahan klub Negeri Sembilan dengan skor 2-2. Hasil ini sesuai dengan target pelatih Divaldo Alves yang sebelumnya menyatakan anak asuhnya harus mencuri satu angka di kandang lawan.

Pertandingan berlansung cukup sengit. Kedua tim menunjukan kualitasnya sebagai salah satu kandidat juara di masing-masing negara. Bajul Ijo sempat unggul setelah assist Andik Vermansyah berhasil dikonversi Mario Karlovic menjadi gol. Andik yang melewati dua pemain Negeri Sembilan lansung mengirim umpan silang yang disambut tendangan firt time Karlovic. Skor berubah, Persebaya 1 - 0 Negeri Sembilan.

Gol yang terjadi begitu cepat membuat mental pemain Negeri Sembilan sempat kedodoran. Sedangkan anak asuh Divaldo Alves justru sebaliknya. Mereka terus menekan dengan umpan-umpan pendek. Akselerasi pemain-pemain mungil Persebaya kembali membuahkan hasil. Pada menit ke-24, hampir saja Negeri sembilan memungut bola dari jala gawangnya sendiri. Mat Hallil, bek Persebaya mendapat peluang emas, namun sayang, maih belum mampu dikonversi dengan baik. 

Meski upaya lewat Mat Halil gagal, Persebaya tetap tak berhenti. Dengan umpan-umpan pendek, klub kebanggaan kota Surabaya itu berusaha mencari ruang kosong untuk mencetak gol. Pada menit perpanjangan waktu di babak pertama, Persebaya pun akhirnya bisa menambah keunggulan lewat gol yang diciptakan Mat Halil sekaligus menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Ketertinggalan itu sendiri belakangan direspon oleh sang pelatih Negeri Sembilan, Mohd Azraai Khor Abdullah. Setelah melakukan dua pergantian di babak pertama, mantan gelandang timnas Malaysia di era 1975-1978 itupun melakukan dua pergantian lagi sebelum peluit dimulainya laga di babak kedua berbunyi.

Pergantian itu membuahkan hasil. Ya, permainan Negeri Sembilan jadi lebih baik dibanding di babak pertama. Bukan mustahil pula apabila pada menit ke-53 Sang Rusa akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan lewat sebuah penyelesaian Jean-Emmanuel Effa Owona.

Kendati berbau offside, gol itu terlihat membawa pengaruh yang cukup besar kepada tim tuan rumah. Hal itu tergambar. Negeri Sembilan menjadi lebih aktif dalam menekan. Pada menit ke-73, tim yang kini duduk di posisi keenam dalam tabel klasemen Malaysia Super League itupun akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Gol penyeimbang itu kembali diciptakan oleh Owana lewat tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Persebaya.

Situasi yang menjadi imbang itupula yang tampak membuat sang tuan rumah berada di atas angin. Tapi apa daya, tak ada satupun gol yang bisa diciptakan para punggawa Negeri Sembilan, pun demikian dengan Persebaya di sisa laga. Skor 2-2 pun bertahan.

Hasil ini sejalan dengan target yang dipasang pelatih Divaldo Alves. Mencuri point di kandang lawan akan sangat menguntungkan Persebaya, pasalnya di laga leg kedua yang rencananya digelar pada 2 Mei mendatang, Bajul Ijo akan tampil di hadapan pendukung setianya, Bonek Mania, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.