Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Prabowo dan Sandi Tak Hadiri Penetapan Presiden 2019 Terpilih
Oleh : Redaksi
Minggu | 30-06-2019 | 13:04 WIB
prabowo_sandi_debat54.jpg Honda-Batam
Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Partai Gerindra menyebut Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno tak bakal menghadiri rapat pleno penetapan Presiden-Wakil Presiden oleh KPU yang bakal diselenggarakan pada Minggu (30/6/2019) sore. Kehadiran Prabowo dalam acara itu dianggap tak diperlukan.

Anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan sudah menjadi budaya dalam Pilpres di Indonesia bahwa penetapan pemenang hanya dihadiri pasangan calon terpilih. Menurutnya, justru janggal bila Prabowo hadir di KPU.

"Hari ini kami enggak datang ke sana, termasuk Pak Prabowo. Lazimnya seperti itu, dari dulu yang menang yang datang," katanya Minggu (30/6/2019).

Ia menekankan ketidakhadiran Prabowo tak berarti menolak adanya rekonsiliasi. Menurutnya, Prabowo beserta tim suksesnya tetap menghargai hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai gugatan sengketa pilpres.

"Kan kami sudah hormati keputusan MK dan taat terhadap itu. Silakan saja KPU mau tetapkan," ujar Jubir BPN Prabowo-Sandi itu.

Walau menghormati keputusan MK, Andre masih belum bisa menerima sikap KPU yang tak mau membuka data Daftar Pemilih Tetap (DPT). Ia tetap bersikukuh bahwa DPT versi KPU bermasalah.

"Kami masih anggap ada kecurangan, DPT bermasalah. KPU tidak mau buka itu. Kami enggak tahu siapa yang datang ke TPS," ucapnya.

Editor: Surya