Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setelah 28 Tahun Beroperasi di Batam, PT Unisem 'Pamit'
Oleh : Hendra Mahyudi
Sabtu | 29-06-2019 | 16:28 WIB
pt-unisem.JPG Honda-Batam

PKP Developer

PT Unisem di Kota Batam. (Foto: Hendra Mahyudi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah beroperasi selama 28 tahun di Kota Batam, PT Unisem, perusahaan penyedia layanan perakitan dan pengujian semikonduktor yang berlokasi di Kawasan Industri Batamindo Batamindo, 'pamit'.

Keputusan pahit itu disampaikan langsung oleh Presiden Direktur PT Unisem, Michael McKereghan, melalui surat terbuka yang ditujukan kepada setiap karyawan perusahaan.

Dalam isi surat tersebut, Michael McKereghan yang biasa dipanggil Mike, mengakatan PT. Unisem yang sebelumnya bernama PT. Astra Microtronics itu, dengan berat hati menyatakan perusahaan mereka akan berhenti beroperasional karena situasi bisnis yang terus menerus sulit.

"Dewan Direksi PT. Unisem dan Unisem BHD telah memutuskan untuk menghentikan operasional perusahaan," bunyi surat yang mengatas namakan Mike, diterbitkan pada tanggal 28 Juni 2019.

Hal lainnya, kendati investasi perusahaan terus digalakkan, namun dikerenakan prospek bisnis sejak 2003 hingga 2018 terus memburuk dan pendapatan terus menurun, ditambah dengan ketikdapastian iklim perdagangan dunia. Manajemen perusahaan berpikir sangat kecil kemungkinan perusahaan akan kembali stabil, hingga keputusan sulitpun harus diterima.

Purnomo, salah seorang petugas security perusahaan membenarkan adanya hal ini, namun begitu dia katakan untuk informasi lebih ditail, lebih layak jika langsung ditanyakan kepada manajemen perusahaan.

"Senin aja datang lagi mas, ada manajemen perusahaan. Bagusnya alasan pebutupan sama manajemen," terangnya, Sabtu (29/6/2019).

Editor: Dardani