Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini, Pemkab Natuna Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD-MI
Oleh : Kalit
Jumat | 28-06-2019 | 19:06 WIB
wabup-natuna-adv1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni, secara resmi membuka kegiatan lomba bercerita tingkat SD-MI di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Jalan Sihotang, Ranai, Rabu (19 /6/2019).

Lomba bercerita dengan motto 'Menumbuhkembangkan Kegemaran Membaca, Kecintaan Tterhadap Budaya Lokal dalam Upaya Membangun Karakter Kecerdasan dan Inovasi Generasi Muda Indonesia' itu diharapkan menjadi terobosan inovasi handal dalam meningkatkan minat membaca anak mulai usia dini.

"Kegiatan lomba gemar bercerita sangat inovasi dan kreatifitas ini akan berdampak langsung menarik minat untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan budaya," ujar Ngesti didampingi Asisten Tasrip Izwar Aspawi, Kadis Ketahanan Pangan Sri, KadisnakertransHusyaini dan Sekretaris DLH, Faisal.

Lanjut Ngesti, gemar bercerita juga merupakan aset lokal yang hampir terlupakan. Tentunya dalam hal ini mengahadirkan sinergitas seluruh instansi terkait menyikapi agar supaya aset budaya lokal dapat dijaga seiring waktu pada zaman modernisasi.

"Harapannya, Pemkab Natuna dapat menghadirkan utusan nantinya di lomba Gemar Bercerita tingkat Propinsi bahkan sampai tingkat nasional," ujar Ngesti.

Di tempat sama, Ir. Basri, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Natuna menyampaikan, bahwasanya tahun 2018 lalu, nama Kabupaten Natuna harum karena memenangkan lomba Hikayat Dewa Mendu, dibawakan oleh Yoga Pebriyanto.

"Event tersebut mampu membawa harum nama Natuna di tingkat Nasional. Berkaca dari situ diharapkan setiap tahunnya Natuna dapat mengirim putra putri terbaiknya untuk bertanding," ungkap Basri

Dalam lomba bercerita, Basri mengatakan, kegiatan akan berlangsung selama 3 hari dan untuk pemenangnya akan berlomba di tingkat provinsi. (*)