Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Barcelona Umumkan Akademi Catalan di Indonesia
Oleh : Redaksi/Mg
Jum'at | 23-03-2012 | 09:57 WIB
barca_indonesia.jpg Honda-Batam

Direktur Marketing FC Barcelona, Lurent Colette. Foto:FCBarcelona.com

BARCELONA, batamtoday - Raksasa Liga Spanyol, FC Barcelona, dalam situs resminya mengumumkan pembukaan akademi sepakbola Barcelona (FCBEscola) di Indonesia. Menariknya, selama ini Barcelona belum memiliki akademi serupa di luar Spanyol, sehingga di Indonesia merupakan yang pertama kali dibangun klub Catalan itu.

Menurut Direktur Marketing FC Barcelona, Laurent Colette, sekolah sepakbola Barcelona di Indonesia akan diperuntukan bagi anak-anak usia 5 hingga 18 tahun. Tidak tanggung, 1,2 triliun digelontorkan untuk proyek sekolah sepakbola ini.

"Peletakan batu pertama telah dilakukan oleh Laurent Colette bersama dengan perwakilan Indonesia," tulis pernyataan resmi di FCbarcelona.com, Jum'at(23/3/2012).

Akademi itu sendiri dibangun di atas lahan seluar 12 hektar di kawasan sentul. Direncakan sistim yang akan digunakan pada sekolah sepakbola ini disamakan dengan model La Masia yang ada di kota Catalan, Spanyol.

"Ini akan menjadi harapan baru di Indonesia. Diharapkan akademi ini dapat mencetak bibit unggul di negeri yang berpenduduk lebih dari 220 juta ini kedepan," kata Laurent Colette.

Sementara itu, direktur FCB Escola, Xevi Marce' berpendapat, dipilihnya Indonesia sebagai proyek akademi pertama Barcelona di luar Spanyol bukan tanpa alasan. Dari pengamatan klub terbaik di dunia itu, Indonesia merupakan negara yang memiliki kultur kuat di dunia olah raga, termasuk sepak bola. 

"Klub (FCBarcelona) berharap proyek ini adalah awal yang baik dari hubungan jangka panjang. Kedepan Indonesia dan Barcelona dapat menjalin kerjasama seperti menggelar pertandingan persahabatan," kata Xevi Marce.