Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sungai Dekat Kantor Camat Bengkong Penuh Sampah
Oleh : Hendra
Rabu | 19-06-2019 | 12:16 WIB
sungai-jorok.jpg Honda-Batam
Kondisi sungai yang penuh sampai di wilayah Bengkong, Kota Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Alih-alih ingin melihat sungai yang bersih dan indah layaknya di luar negeri. Drainase ukuran besar mirip sungai berjarak 200 Meter dari Kantor Kecamatan Bengkong terlihat begitu menjijikkan dengan kondisi sampah yang mulai mengambang di permukaan.

Gambaran seperti ini telah terjadi sejak lama, dan bahkan pada hari ini sampah terpantau mulai naik kepermukaan air hanya berselang 30 menit setekah turunnya hujan.

Banyak yang berkata, ini adalah persoalan klasik di sungai tersebut. Kendati telah ada pelebaran sungai, namun persoalan sampah masih saja tidak teratasi dengan benar.

"Jorok amat memang ini, padahal dekat dengan tempat Wisata Golden Prawn (GP), dan aliran sungai juga bermuara ke laut lepas," ujar Siti, warga Bengkong, yang sering melintasi lokasi sungai tersebut, Rabu (19/6/2019).

Persoalan sampah di sungai ini pada dasarnya memang tidak sepenuhnya urusan pemerintah, butuh kerja sama dan kesadaran masyarakat di sekitar. Pasalnya, terkadang saat malam hari kita melintasi sungai tersebut, bau menyengat kemudian aku menusuk indra penciuman, hal ini sungguh sangat meprihatinkan.

"Kalau malam tekadang aroma sungai ini akan menimbulkan bau tak sedap juga. Entah terkontaminasi limbah apa karena sampah-sampah ini," ujar Peri, seorang senior Mahasiswa Pecinta Alam, salah satu kampus swasta di Batam yang juga tinggal di Bengkong.

Ia berharap, agar Pemerintah Kota segera bersikap untuk mengatasi persoalan sampai di sungai tersebut. Selain mengancam kesehatan warga, juga merusak pemandangan.

Editor: Gokli