Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menerka Calon Kuat Bupati Lingga di Pilkada 2020
Oleh : Bayu Yiyandi
Senin | 17-06-2019 | 14:16 WIB
Amsakar-lingga.gif Honda-Batam
Amsakar Achmad. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY, Lingga - Meski tahapan Pilkada 2020 belum dimulai, sejumlah nama mulai muncul meramaikan bursa calon bupati Lingga, di Pilkada 2020. Dari petahana wakil bupati Muhammad Nizar hingga termasuk Teddy Jun Askara (TJA) dan Amsakar Achmad yang disebut-sebut bakal maju.

Selain itu, juga ada nama Sekda Lingga Juramadi Esram yang saat ini tengah hangat diperbincangkan, namun sebagai calon wakil. Kemudian Kamaruddin Ali yang pada Pileg April 2019 lalu telah berhasil menang di kursi calon Anggota DPRD Provinsi Kepri dari partai Golkar.

Menurut politisi Partai PPP yang kembali duduk di kursi DPRD Lingga, Nurdin, untuk memajukan Lingga memang dibutuhkan sesosok orang muda yang energik dan berpengalaman. Seperti salah satu anak daerah yang berhasil di luar dan layak memimpin Lingga yakni, Amsakar Achmad.

Kehadirannya diyakini dapat memberikan aroma optimis terhadap kemajuan pemerintahan serta ekonomi kemasyarakatan. Hal ini dapat dilihat dari rekam jejak prestasi yang telah diraih putra kelahiran Sungai Buluh tersebut.

"Saya melihat dia (Amsakar, red) berasal dari latarbelakang birokrat sehingga seluruh arahannya akan lebih terencana," ujar Nurdin kepada awak media, Minggu (16/6/2019) pagi.

Nurdin menambahkan, sebagai putra daerah, tentunya Amsakar akan memiliki rasa kepedulian yang lebih karena merasa saling memiliki. Dengan kata lain, Amsakar tidak akan berbuat yang mengarah kepada keuntungan pribadi.

Hal senada juga diungkapkan salah satu kader Partai Golkar, Rony Kurniawan. Dia meyakini pemimpin yang berusia muda akan lebih giat dalam menjalankan roda pemerintahan dalam hal pembangunan. Baik dari sisi ekonomi maupun pembangunan lainnya.

Namun pria yang akrab disapa Iwan Munir ini juga tidak menafikan asal usul calon pemimpin yang memiliki latar belakang sejarah berkaitan dengan Kabupaten Lingga adalah faktor yang penting untuk diperhatikan.

"Tidak lain, Teddy Jun Askara (TJA) adalah salah satu pemuda asal Kabupaten Lingga yang pantas duduk memimpin daerah ini," kata Iwan di tempat berbeda

Rony menambahkan, TJA adalah salah satu sosok pemuda asli Kabupaten Lingga yang telah meraih prestasi dalam bidang politik di luar Lingga. Sehingga pengalaman yang didapat sangat dibutuhkan untuk mengembangkan Tanah Bunda Melayu ini lebih baik lagi dan bersaing dengan daerah lain.

Perlu diketahui beberapa nama diatas hanyalah rumor calon kuat yang kemungkinan dipastikan maju dalam Pilbup Kabupaten Lingga 2020. Sementara Bupati Lingga Alias Wello sendiri di isyaratkan bakal maju pada Pilgub Kepri.

Editor: Dardani