PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tempah Seragam Gratis SD dan SMP di Tanjungpinang, Pemko Berdayakan Penjahit Lokal
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 15-06-2019 | 11:40 WIB
tamrin-tpi.jpg honda-batam
Plt Kepala Dinas Pendidikan Tanjungpinang, Tamrin Dahlan. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang meberdayakan Unit Kegiatan Masyarakat (UKM) untuk menjahit seragam gratis bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tahun ajaran baru 2019.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Tamrin Dahlan mengatakan, masalah penjahitan baju seragam gratis memberika kewenangan sepenuhnya kepada sekolah masing-masing. Sebab, proyek itu di bawah Rp 200 juta, sekolah yang mencari dan menentukan penjahitnya.

"Kami hanya memfasilitasi, karena ini diketahui adalah program baru dari visi misi Wali Kota. Kemungkinan Kepala Sekolah belum terbiasa, makanya kami bantu membuat Harga Perhitungan Sendiri (HPS) dan administrasi pengadaan lainnya," kata Tamrin, Jumat (14/6/2019).

Ia menyebutkan seragam gratis ini sebanyak lima pasang, dengan perhitungan Rp 960 ribu untuk SD dan Rp 1.030.000 untuk SMP. Untuk tingkat SD tidak ada yang dilarang karena rata-rata di bawah Rp 200 juta.

"Tetapi berbeda dengan tingkat SMP terdapat lima sekolah yang dilelang yaitu SMPN 1, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 7 dan SMPN 16 itu yang di atas 200 juta," jelasnya.

Menurutnya, sesuai dengan aturannya untuk pembuatan seragam gratis ini, bahannya, harga dan kualitasnya telah ditentukan sama setiap sekolah, tetapi untuk motifnya dan warna yang berbeda setiap sekolah.

"Pemerintah harus memberdayakan tukang jahit di Tanjungpinang. Kami berharap kepada sekolah-sekolah tidak ada dari luar," tutupnya.

Editor: Gokli