PKP

Kemenpar Goes to Campus di Batam, Mahasiswa Antusias Ikuti Pelatihan
Oleh : Nando Sirait
Jum\'at | 14-06-2019 | 08:52 WIB
goes-to-campus.jpg honda-batam
Foto bersama dalam kegiatan goes to campus Kemenpan RI. (Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kementerian Pariwisata RI menggelar pelatihan dasar Sumber Daya Manusia (SDM) kepariwisataan 'Goes to Campus', Kamis (13/06/2019), di aula kampus Ibnu Sina, Batam. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan ini.

"Kita sambut baik kegiatan dari Kemenpar, pelatihan SDM pariwisata goes to campus. Ini kegiatan Kemenpar di Kota Batam yang melibatkan mahasiswa," kata Ardi, usai kegiatan.

Pemilihan mahasiswa sebagai peserta kegiatan dinilai bagus. Karena, mahasiswa merupakan anak muda yang kreatif, dan bisa jadi salah satu kelompok perpanjangan tangan dari pemerintah.

Mereka bisa mempromosikan Indonesia, destinasi wisata Indonesia, dan kebijakan pemerintah terkait kepariwisataan, khususnya melalui pintu Batam.

"Mahasiswa juga generasi milenial, sangat dekat dengan medsos (media sosial), sangat instagramable. Destinasi wisata menarik di Batam bisa dipromosikan ke dunia, sehingga jadi salah satu daya tarik juga bagi orang untuk datang ke Batam," ujarnya.

Ardi juga mengucapkan terimakasihnya, karena kegiatan diselenggarakan di Batam. Mengapa Batam? Karena Batam diharapkan memberikan kontribusi besar terhadap wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara untuk Indonesia.

"Sehingga target wisata, wisman, bisa dicapai," kata Ardi.

Sementara itu, saat sesi pertanyaan, seorang peserta memberikan sarannya, agar kegiatan tidak hanya dilakukan sehari. Termasuk pembekalan yang diberikan tidak hanya bersifat teori. Tetapi peserta juga diajak mengunjungi objek-objek destinasi wisata yang ada di Batam.

"Kalau hari inikan hanya teori saja, dan kegiatannya hanya satu," kata peserta perempuan itu.

Menanggapi saran peserta, Ardi juga berharap kegiatan yang dilakukan Kemenpar di Batam tidak hanya sekali. Tetapi bisa dikemas lebih baik lagi, sehingga tepat sasaran.

"Ada fam trip. Jadi mahasiswa dibawa ke objek wisata, bisa menikmati keindahan, keelokan detinasi wisata Indoneisa, Kepri, khususnya di Batam," kata Ardi.

Editor: Chandra