PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ditemukan Selamat, Kapal MY Kribien II Lanjutkan Pelayaran Menuju Tarempa
Oleh : Hadli
Kamis | 13-06-2019 | 17:16 WIB
dirpolairud-polda1.jpg honda-batam
Direktur Polairud Kombes Pol Benyamin S dan Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol S Erlangga memberikan keterangan pers terkait kondisi Kapal MY Kribien II. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sempat hilang kontak, Kapal MY Kribien II dan seluruh penumpang di dalamnya, termasuk kapten kapal dan 2 crew, ditemukan dalam kondisi selamat.

Direktur Polairud Polda Kepri, Kombes Pol Benyamin S, menjelaskan penyebab Kapal MY Kribien II hilang kontak karena tidak ada sinyal alias blank spot.

"Dari Nongsa Poin Marina, kapal bergerak pukul 18.00 Wib. Seharusnya dengan estimasi kecepatan 12 knot kapal sudah sampai 12 jam. Namun ternyata kapal singgah dulu ke Pulau Air Abu (Kiabu), di sana tidak ada signal. Mereka 2 hari berwisata di sana," terang Direktur Polairud Kombes Pol Benyamin S di Mapolda Kepri, Kamis (13/6/2019).

Di atas kapal ada 9 orang berkewarganegaraan Amerika termasuk kapten kapal, 1 orang warga negara Singapura dan 2 krew asal Indonesia.

"Semua dalam kondisi selamat. Jadi tidak benar adanya informasi menyebutkan kapal tersebut tenggelam. Saat ini kapal sudah berlayar menuju Tarempa," ujar dia.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol S Erlangga menambahkan, kru kapal tidak bisa melaporkan posisi karena tidak ada signal atau blind spot.

"Informasi kita dapatkan pukul 11.59 WIB, keluarga mendapat komunikasi dari crew kapal atas nama Hariyanto bahwa mereka dalam kondisi aman dan selamat, dan menyatakan kehilangan kontak karena signal," jelasnya.

Polairud sempat melakukan kordinasi dengan Basarnas serta Pos Angkatan Laut Anambas dan dinyatakan kapal asing berbendera Malaysia tersebut tidak terdeteksi.

"Setelah kapal keluar dari perairan pulau Air Abu (Kiabu) barulah dapat sinyal. Semua panggilan termasuk dari Whatsapp yang menanyakan kabar baru muncul dan langsung dikoordinasikan bahwa dalam kondisi baik semua," terangnya.

Editor: Yudha