PKP

Syahrul Lepas 12 Siswa SMPN 4 Tanjungpinang Kontingen Jambore ke Thailand
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 13-06-2019 | 11:16 WIB
jambore-thailand-tpi.jpg honda-batam
Wali Kota H Syahrul saat melepas 12 siswa SMPN 4 Tanjungpinang yang akan berangkat ke Thailand. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 12 orang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Tanjungpinang diberangkatkan untuk mengikuti Kwartir Cabang Kota Tanjungpinang di Samila Beach, Songkhla, Thailand.

Pelepasan kontingen Indonesia pada Jambore Thailand 2019 dilaksanakan di Aula SMPN 4 Tanjungpinang, Kamis (13/6/2019).

Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul mengatakan, ini suatu prestasi di Tanjungpinang di mana SMPN 4 terpilih kembali untuk mewakili Tanjungpinang dan Provinsi Kepri untuk Jambore tingkat internasional. "Sehingga dapat menjadi tempat untuk saling bertukar pikiran dan ilmu serta menjadi pengalaman bagi anak-anak kita," ujar Syahrul.

Syahrul berpesan, karena ini perjalanan yang cukup jauh, jadi perlu menjaga kesehatan, karena ini dapat menjadi pengetahuan yang luas. Kegiatan ini pengalaman yang tidak terulang kembali gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

"Jika pulang nanti adik-adik bisa menjadi contoh dengan siswa yang lain. Mudah-mudahan SMP lain bisa termotifasi untuk mendidik anak-anaknya agar lebih baik dan dapat mencintai seperti SMP Negeri 4 Tanjungpinang," ucapnya.

Di tempat yang sama, Jumardi Pembina Pramuka SMPN 4 Tanjungpinang memaparkan yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 12 orang siswa dan 2 orang pendamping dari guru.
Kegiatan ini dimulai dari tanggal 16-20 Juni 2019. Kegiatan jambore seperti kemping (perkemaha) yang kegiatannya disediakan oleh tuan rumah. "Kegiatan ini juga dalam rangka sekaligus penobatan Raja Thailand," katanya.

Jumardi menyebutkan, kegiatan bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman serta bertukar budaya secara luas karena yang hadir ada 6 negara. "Selain kami ada dua SMA di Batam ikut juga. Biaya akomodasi dari masing-masing orangtua. Kegiatan ini yang kedua yang pertama di Malaysia beberapa waktu laku," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Tanjungpinang, M Diaman berharap, anak bisa menggali potensi dan informasi, serta berbagi yang ada di Thailand. Ke depannya mungkin kegiatan ini bisa terus diikuti ke negara-negara lainnya.

Editor: Gokli