PKP

Nama Lukita Dinarsyah Tuwo Muncul dalam Bursa Pilwako Batam 2020
Oleh : Nando Sirait
Senin | 10-06-2019 | 16:52 WIB
bursa-pilwako1.jpg honda-batam
Nama-nama calon Wali Kota Batam dalam Pilkada 2010 mulai bermunculan di medsos. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Batam akan digelar pada 2020 mendatang. Saat ini masyarakat mulai memunculkan nama-nama calon yang akan bertarung untuk memperebutkan kursi Batam 1.

Salah satu nama calon yang saat ini sedang hangat dibicarakan warga adalah mantan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo.

Salah satu yang mendukung pencalonan Lukita adalah Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batam, Jadi Rajagukguk di medsos miliknya.

Hal serupa juga terlihat di beberapa grup media sosial, yang akhirnya banyak mendapat tanggapan beragam dari netizen. Dimana beberapa netizen mengungkapkan dukungannya, namun ada juga yang mempertanyakan mengenai kebenaran informasi tersebut.

"Jadi Ketua BP Batam diberhentikan, lalu kini didorong menjadi Calon Wali Kota? Asli mengherankan," ciut akun Masterr Siregar.

"Cocok jadi Wali Kota Batam. Apalagi dengan wacana ex-officio. Tepat sekali beliau," komentar akun lainnya yang bernama Apoel Matondang.

Namun ada juga netizen yang menyarankan agar Lukita Dinarsyah Tuwo, lebih memilih untuk menjadi Duta Besar Indonesia. Dikarenakan kemampuan yang dimilikinya dalam menarik investasi ke Indonesia.

"Bukan kelasnya beliau Wali Kota. Beliau lebih cocok menteri atau dubes," tulis Zahri Tuah.

Untuk diketahui, adanya hal ini bermula dari jajak pendapat soal Lukita bakal wali kota ini disodorkan kepada netizen. Dimana dalam postingan tersebut, dikatakan kemampuan Lukita tak perlu diragukan lagi.

Beberapa prestasi diraih BP Batam saat pria yang pernah menjabat Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI, dan Sekretaris Menko Perekonomian RI ini menjabat pimpinan BP Batam sejak 2017 lalu hingga di akhir kepemimpinannya, awal Januari 2019.

Pun di zaman kepemimpinannya, perekonomian Kepri yang sempat anjlok di angka 2 koma, perlahan-lahan mulai membaik dan berada di angka 4 koma. Lukita dan para deputi saat itu, kerap kali menggelar kegiatan terkait pariwisata, dan melibatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Batam.

Lukita dan para deputi, berusaha mempromosikan Batam lewat event-event pariwisata, namun tak melupakan tugas utama BP Batam, dalam menarik investasi dari luar negeri, masuk ke Batam. Hal ini dilatarbelakangi melihat perekonomian Kepri yang sempat turun kala itu. Lukita dan para deputi yakin, lewat event-event pariwisata yang diadakan, bisa cepat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Kepri.

Namun selain nama Lukita yang mencuat, ada juga nama lainnya yang digadang-gadang bakal masuk bursa pilwako, yakni Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Iman Sutiawan. Ketiganya disandingkan terkait kemampuan kerja mereka.

Editor: Yudha