Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terlibat Rusuh London, Aktor Harry Potter Dibui
Oleh : Redaksi/Tempo.Co
Rabu | 21-03-2012 | 13:39 WIB

LONDON, batamtoday - Seorang aktor dalam film Harry Potter divonis penjara selama dua tahun pada Selasa, 20 Maret 2012 waktu setempat. Ia didakwa terlibat dalam kerusuhan yang melanda London musim panas lalu. 

Jamie Waylett, 22 tahun, pemeran Vincent Crabbe, salah satu siswa sekolah Hogwarts dan "pengganggu" Potter dalam enam film Harry Potter dinyatakan bersalah di Pengadilan Wood Green Crown di utara London. Dia juga mengaku bersalah atas penanganan barang curian selama kerusuhan Agustus lalu, demikian menurut dokumen pengadilan. 

Namun, tuduhan bahwa dia bermaksud untuk menghancurkan atau merusak properti dengan bom molotov yang dibawanya tidak terbukti. 

Waylett mengaku tengah berjalan-jalan pada hari ketiga kekerasan. Namun, rekaman video menunjukkan dia di dekat sebuah supermarket yang sedang dijarah. "Kau digambarkan pada beberapa kesempatan dengan sebotol penuh bensin dengan sumbu kain," kata hakim Simon Carr. 

Waylett dijatuhi hukuman dua tahun untuk gangguan kekerasan dan 12 bulan untuk penanganan barang curian. 

Kerusuhan pertama terjadi di Tottenham, London Utara, menyusul protes damai atas penembakan fatal seorang pria setempat oleh polisi. Hal ini menyebar ke bagian lain di London dan kota-kota Inggris lainnya beberapa hari berikutnya. 

Menurut polisi metropolitan London, di seluruh kota ada lebih dari 3.800 orang diamankan untuk berbagai pelanggaran, termasuk perampokan, pembakaran, dan gangguan kekerasan. Pada pekan lalu, lebih dari 1.300 orang telah dihukum dengan hampir setengah dari mereka dikirim ke penjara.