PKP

Gubernur Kepri Lepas 522 Pemudik Gratis Program BUMN di Pelabuhan SPB Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 28-05-2019 | 19:04 WIB
lepas-1.jpg honda-batam
Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun saat memeriksa lansung kesiapan pihak kapal yang akan mengangkut pemudik Pelabuha SBP Tanjungpinang, Selasa (28/5/2019).

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepri, H Nurdin Basirun meminta operator dan Kruw Kapal penumpang dapat membuat pemudik bahagia saat pulang kampung. Hal ini disampaikan saat melepas 522 orang peserta mudik gratis dari Pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Nurdin mengatakan, tradisi mudik yang sudah menjadi budaya yang setiap tahun menjelang hari kemenangan Idul Fitri, merupakan momen yang sangat ditunggu oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Oleh karena itu, pemerintah dan operator Kapal harus membuat masyarakat pemudik bahagia, dengan memberi pelayanan yang baik," ujar Nurdin, saat melepas pemudik dalam progran BUMN Mudik Bareng Idul Fitri 1440 H Tahun 2019, di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Selasa (28/5/2019).

Nurdin juga mengucapkan syukur, dengan adanya program mudik gratis ini dapat semakin menambah kegembiraan untuk masyarakat dalam menyambut hari kemenangan. "Terkait pelayanan, maka pemerintah dan semua pihak terkait, dituntut untuk terus memberikan pelayanan yang prima, aman, nyaman dan efisien kepada masyarakat," ujarnya.

Infrastruktur sarana dan prasarana perhubungan yang merupakan instrumen penting dalam kelancara transportasi di daerah Kepulauan Provinsi Kepri akan terus dilakukan perbaikan dan peningkatan.

"Tolong informasikan jika selama pejalanan pergi dan kembali ada terdapat kendala, tolong sampaikan segera dalam upaya kita untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan," pesan Nurdin.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mensyukuri program yang digagas oleh PT Pelindo ini setiap tahunnya.

"Semoga mudik gratis yang dilaksanakan BUMN ini, dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya dan kita lihat masyarakat pun menyambutnya sangat antusias karna dari data yang disampaikan jumlah peserta meningkat tiap tahun," kata Syahrul.

Kepada para peserta mudik, Syahrul juga berpesan, agar dalam menyambut hari kemenangan Idul Fitri nantinya, dapat menjaga ketertiban, keamanan dan keselamatan dalam perjalanan baik pergi maupun kembali ke Tanjungpinang.

"Kami berpesan kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati serta jangan lupa untuk berdoa, mari kita sambut hari kemenangan ini dengan penuh suka cita," katanya.

Sementara itu, General Maneger GM Pelindo I Cabang Tanjungpinang, Arif Indra Perdana melaporkan, agenda Mudik Bareng BUMN itu, merupakan kegiatan rutin digelar setiap tahunnya.

Untuk tahun 2019 sendiri total perserta sebanyak 1.990 orang yang akan dijadwalkan berangkat pada tanggal 28 Mei, 31 Mei dan 1 Juni 2019.

"Harapan kami dengan digelarnya agenda ini dapat membantu saudara-saudara kita untuk dapat pupang kampung berkumpul bersama keluarga," kata Arif.

Adapun Kapal KM Sabuk Nusantara 48 akan membawa 522 orang penumpang ke beberapa pulau seperti Tambelan, Natuna, Serasan dan ke Pelabuhan Sintete di Kalimantan.

Sebelum memotong pita tanda dilepasnya para peserta mudik, pada kesempatan juga diserahkan pula santunan kepada sejumlah anak yatim dan hafizh quran.

Dalam kesempatan itu, Nurdin Basirun juga menyempatkan diri turun langsung ke dalam kapal untuk mengantar dan melihat secara langsung para pemudik, sembari melakukan pengecekan kondisi kapal, serta melakukan diksui bersama ABK dan Kapten Kapal.(*)