Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masih Berpotensi Bertambah

Golkar Ungguli Gerindra dalam Perolehan Kursi di DPR RI
Oleh : Irawan
Rabu | 22-05-2019 | 08:40 WIB
golkar-85-kursi.jpg Honda-Batam
Ketua FPG DPR RI, Melchias Markus Mekeng menggelar konferensi pers di ruang Fraksi Golkar, Selasa (21/5/2019). (Foto: Irawan)

BATAMTODY.COM, Jakarta - Ketua Fraksi Partai Golkar (FPG) DPR, Melchias Markus Mekeng menyatakan, sementara memperoleh 85 kursi di DPR, meskipun perolehan suara partainya di bawah Partai Gerindra. Bahkan perolehan kursi Golkar masih berpotensi bertambah 9 kursi lagi apabila memenangkan gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Mekeng, saat ini pihaknya masih membahas sengketa perolehan kursi di Mahkamah Partai untuk selanjutnya diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Kalau gugatan itu nantinya sampai ke MK dan dimenangkan Golkar, maka partainya akan meraih 94 kursi.

Berdasarkan pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) dini hari tadi, Partai Golkar memperoleh 85 kursi atau di bawah PDI Perjuangan yang memperoleh 129 kursi.

Sementara itu, Gerindra yang meraih 12,57 persen suara harus puas berada di urutan ketiga dengan perolehan 78 kursi meski jumlah perolehan suaranya lebih banyak dari Golkar yang tercatat 12,31 persen.

"Mudah-mudahan saja. Kita berharap dari 85 kursi ini bertambah sembilan kursi lagi," ujarnya saat menggelar konferensi pers di ruang Fraksi Golkar, Selasa (21/5/2019).

Sengketa eksternal dengan Parpol lain itu tersebar di daerah pemilihan antara lain di Pulau Sulawesi dan Sumatera, serta Jawa Barat dan Jawa Timur.

Menurutnya, dalam Pemilu legislatif, yang menjadi barometer ialah perolehan kursi, bukan jumlah suara. Karena itu pula Mekeng optimistis Golkar akan mendapat jatah pimpinan MPR karena jatah Ketua DPR akan diambil oleh PDI Perjuangan sebagai pemenang Pemilu.

Mekeng mengatakan DPP Partai Golkar akan mempercayakan pimpinan MPR kepada kader senior, selain memiliki jam terbang tinggi dan punya loyalitas kepada partai.

Hanya saja, Mekeng belum mau berspekulasi siapa sosok yang akan menempati posisi itu karena akan dipilih melalui sistem paket.

Ucapan selamat

Pada kesempatan itu, Ketua FPG Melchias Markus Mekeng menilai pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 telah sampai kepada tahap pengumuman rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat nasional dan penetapan hasil Pemilu 2019. "Selamat kepada rakyat Indonesia yang sudah berpartisipasi aktif dalam mensukseskan Pemilu Serentak 2019 sebagai perwujudan nilai-nilai demokrasi Pancasila," ucapnya.

Tak hanya itu, kata Mekeng, FPG juga mengucapkan selamat kepada pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang ditetapkan menjadi pemenang Pemilihan Presiden 2019 dengan perolehan suara sebesar 85.607.362 (55,50%).

"Terima kasih kepada KPU dan Bawaslu dari pusat hingga daerah atas kinerjanya berhasil menyelenggarakan Pemilu dengan baik," tandasnya.

"Begitu juga dengan jajaran TNI dan Polri yang berhasil menjaga kondusifitas kemanan nasional 2019," pungkasnya.

Editor: Surya