Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Alumni USU Ajak Seluruh Komponen untuk Menjaga Keutuhan Bangsa dan Negara
Oleh : Redaksi
Selasa | 21-05-2019 | 18:16 WIB
IKA-USU-JKT.jpg Honda-Batam
Ikatan Alumni Universitas Sumatera Utara (IKA USU).

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menyambut pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hasil Pilpres dan Pileg 2019, serta memperhatian dinamika sosial politik di tengah masyarakat, maka Ikatan Alumni Universitas Sumatera Utara (IKA USU) di wilayah Jakarta dan sekitarnya menyampaikan pendapat dan seruan.

Patut disampaikan penghargaan atas pelaksanaan Pemilu 2019 dengan segala dinamikanya berkat kerja keras dan tekad dari seluruh jajaran pelaksana Pemilu (KPU, Bawaslu, DKPP) berjalan sesuai amanat UU nomor 7 tahun 2017.

Diperlukan dukungan penuh kepada KPU untuk menuntaskan seluruh tugas dan kewajibannya dalam tahapan yang telah diatur melalui peraturan dan perundang-undangan yang ada seraya menyerukan agar seluruh komponen bangsa menghormati setiap keputusannya.

Perlu diingatkan kembali bahwa pada awal Bangsa Indonesia membangun sistem demokrasi telah disepakati pendirian seperangkat kelembagaan penyelenggaraan Pemilu yakni KPU sebagai lembaga Penyelenggara Pemilu, Bawaslu sebagai lembaga pengawas penyelenggaraan Pemilu, dan DKPP sebagai lembaga yang menangani pelanggaraan kode etik Penyelenggara Pemilu.

Selain itu telah pula disepakati penyelesaian konflik dan sengketa Pemilu menjadi bahagian dari tugas dan tanggung-jawab Mahkamah Konstitusi.

Seluruh kontestan Pilpres maupun Pileg tentu tidak asing dengan tatanan demokrasi yang tersedia pada Pemilu sebelumnya. Para kontestan tersebut sudah pernah menerima dan memberi kepercayaan maupun penghargaan kepada hasil dari sistem demokrasi seperti yang sedang dijalankan saat ini. Oleh karenanya kami percaya seluruh kontestan akan menghormati keputusan KPU dan seluruh tahapan yang berlangsung.

"Akhirnya, kami mengajak semua Warga Negara menyatukan langkah dalam ikatan persaudaraan dan kesetiakawanan untuk masa depan Republik Indonesia yang lebih berharkat," tutup siaran pers IKA USU di wilayah Jakarta, yang diterima redaksi BATAMTODAY.COM, Selasa (21/5/2019).

Editor: Gokli