PKP

Sidak Satgas Pangan

Stok Gula di Tanjungpinang Aman Sampai Lebaran
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 16-05-2019 | 14:28 WIB
sidak-gula1.jpg honda-batam
Tim Satgas Pangan Polres Tanjungpinang sidak kebutuhan pokok. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tim Satgas Pangan Polres Tanjungpinang melakukan sidak kebutuhan pokok saat bulan Ramadan di Pasar Baru Pelantar Tanjungpinang, Kamis (16/5/2019).

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani mengatakan hari ini pihaknya melakukan sidak di pasar baru bersama dari tim Satgas Pangan Polres Tanjungpinang.

"Jadi selain di pasar ini, kami sudah turun dari ke 6 titik distributor," ujar Yani.

Dari enam titik itu, pihaknya memantau stok beras dan gula. Untuk kebutuhan gula selama bulan ramadan sampai lebaran nanti sebanyak 115 ton di Tanjungpinang. Sehingga menjelang lebaran untuk kebutuhan gula cukup.

Sebagaimana informasi yang beredar di media masa, bahwa stok gula di distributor langka, tetapi setelah turun ke lapangan tidak ada distributor yang mengatakan kekurangan. Jika ada kekurangan mereka bersedia untuk menjualnya.

"Tetapi juga seandainya stok kekurangan distributor akan mengeorder dari luar daerah," ucapnya.

Sementara itu, untuk Harga Eceran Terendah (HET) gula pasir perkilo nya sebesar Rp 12 ribu sampai Rp 12.500. Selain itu untuk harga daging beku perkilo nya Rp 135 ribu, justru turun yang biasanya sebesar Rp 140 ribu. Stok nya untuk sampai ke lebaran cukup.

"Harga bawang tadi kami melihat bawang stoknya cukup jadi fluktuasi misalnya dari India, Denmark, Thailand dan Jakarta dengan harganya Rp 15 ribu, Rp 17 ribu sampai Rp 25 ribu," paparnya.

Daging ayam potong untuk perkilonya Rp 40 ribu sampai Rp 45 ribu, jika dilihat kenaikan harga daging ayam ini cukup normal Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu.

"Penyebab kenaikan hanya hukum ekonomi saja, banyak permintaan maka harga akan naik. Sidak ini terus dilaksanakan sampai nanti lebaran kita akan pantau baik di Pasar Baru maupun di Pasar Bintan Center," tutupnya.

Editor: Yudha