PKP

Mulai Terjadi Lonjakan Penumpang Kapal Pelni Rute Batam-Belawan
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Rabu | 15-05-2019 | 15:53 WIB
km-kelud12.jpg honda-batam
KM Kelud.

BATAMTODAY.COM, Batam - Minggu kedua ramadhan, mulai terjadi lonjakan penumpang yang menggunakan Kapal PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) trayek Batam -Belawan dan ke Tanjungpriok cukup tinggi, penumpang selalu penuh.

"Sementara ini, yang masih tersisa adalah jadwal pelayaran untuk tanggal 25 Mei tujuan Belawan, 27 Mei arah Jakarta dan 4 Juni arah Belawan," kata Kepala PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Batam, Sugianto saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (15/5/2019).

Sementara jadwal lainnya sudah penuh semuanya dan pihak Pelni masih menunggu kemungkinan ada penambahan jadwal lagi. Dirinya mengatakan, pada setiap tripnya, jumlah penumpang dalam satu kali perjalanan disesuaikan dengan kapasitas kursi yakni sebanyak 2.600 orang.

"Paling banyak penumpangnya dari Batam tujuan Belawan. Jumlahnya mencapai 13.000 penumpang jika dilihat dari 5 kali trip dari Batam," ujarnya.

Pada kesempatan ini, pihaknya juga mengimbau kepada calon penumpang yang akan berlebaran ke kampung halaman untuk tidak membawa barang bawaan yang berlebihan. Meski demikian, pihaknya memberikan free bagasi hingga 40 kilogram (kg).

"Saya imbau untuk tidak membawa barang bawaan yang berlebihan, meski free bagasi kita mencapai 40 kg. Untuk pembelian tiket, saya kembali mengimbau untuk membeli tiket secara langsung di loket resmi Pelni maupun online di Indomaret atau Alfamart," lanjutnya.

Selain itu, dirinya juga mengatakan bahwa lonjakan penumpang pada tahun 2019 ini tujuan Batam - Belawan sudah mencapai 100 persen. Pihaknya pun akan menambah satu kali rute pelayaran Batam - Belawan.

"KM Kelud pada pelayaran reguler Batam-Belawan hanya dua kali, kami tambah tiga pelayaran," tutupnya.

Editor: Yudha