Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebanyak 1.500 Karyawan BP Batam Tanda Tangan Menolak Ex-Officio
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 09-05-2019 | 19:16 WIB
2222000222_tolak-ex-officio1.jpg Honda-Batam
Para karyawan BP Batam bergantian menandatangani penolakan Wali Kota Batam sebagai Ex-Officio Kepala BP Batam. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekitar 1.500-an pegawai Badan Pengusahaan (BP) Batam membubuhkan tanda tangan menolak rencana pemerintah pusat mengangkat Wali Kota Batam sebagai Ex-Officio Kepala BP Batam, Kamis (9/5/2019) sore.

Aksi itu mereka lakukan sebagai reaksi atas sikap ngotot pemerintah pusat menjadikan Wali Kota Batam sebagai Kepala BP Batam secara ex officio, dengan dalih untuk mengakhiri dualisme pemerintahan di Kota Batam.

Bahkan, sebagai bentuk reaksi penolakan itu, para pegawai BP Batam memilih berkumpul dan bertahan di halaman depan BP Batam. Itu mereka lakukan sebagai reaksi atas kedatangan Kasubdit Satpol PP Kota Batam, Imam Tohari ke Kantor BP Batam, Kamis (9/5/2019) siang untuk mencopot spanduk-spanduk bertuliskan penolakan terhadap Ex-Officio.

Saat berkunjung, Imam Tohari mengatakan, tulisan di dalam spanduk tersebut dianggap meresahkan masyarkat. Selain itu, hal ini dianggap dapat menimbulkan ketegangan diantara kedua instansi tersebut.

Tidak hanya berkumpul, para pegawai BP Batam juga melakukan tanda tangan petisi, di atas spanduk yang bertuliskan tolak Ex-Officio. Nantinya spanduk ini akan tetap terpasang di halaman BP Batam, hingga menyambut rencana kedatangan Menko Perekonomian, Darmin Nasution ke Batam.

"Ingat teman-teman aksi juga akan kita lakukan kembali besok, besok pagi kita kembali berkumpul di sini," ujar salah satu karyawan yang menjadi orator.

Sementara itu, Kasubdit Humas BP Batam, Taofan menjelaskan, adanya pegawai yang berkumpul sejak pukul 15.30 WIB. Hanya sebagai tindakan menghabiskan waktu, sambil menunggu waktu berbuka puasa.

"Ini hanya ngabuburit, sambil menunggu waktu berbuka puasa. Adapun aksi ini memang merupakan tindakan aspirasi dari para pegawai. Hal ini termaksud petisi yang ditandatangani oleh pegawai," tuturnya.

Suasana sendiri sempat memanas, ketika rombongan Satpol PP Kota Batam melintas di depan kantor BP Batam. Hingga berita ini diturunkan, para pegawai BP Batam terlihat masih bertahan di halaman depan BP Batam.

Editor: Dardani