PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembukaan Pleno Sepi

KPU Kepri Tunggu Hasil Rekapitulasi Pemilu dari Kota Batam Hingga Besok
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 09-05-2019 | 14:52 WIB
pleno-kpu-kepri111.jpg honda-batam
Pembukaan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara KPU Kepri. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Rapat pleno rekapitulasi terbuka hasil penghitungan suara pemilu 2019 KPU Provinsi Kepri di Hotel CK Tanjungpinangyang dilaksanakan di hotel CK Tanjungpinang sepi, karena sejumlah undangan banyak yang tidak hadir, Kamis (9/5/2919).

Pantuan BATAMTODAY.COM, dari ratusan bangku yang disediakan, terlihat banyak bangku yang kosong.

Saat pembukaan, Ketua KPU Kepri Sri Wati mengatakan, rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara dihadiri Bawaslu dan anggota KPU Provinsi dan kabupaten/kota. Selain itu juga saksi dari saksi calon presiden dan wakil presiden, saksi parpol, saksi caleg DPD-RI, serta dari Pemprov Kepri Asisten I Raja Ariza, serta unsur Muspida yang dihadiri Kapolda dan Kapolres di Kepri.

Pelaksanaan rapat pleno KPU Kepri didasarkan pada UU Pemilu, PKPU Nomor 7 tahun 2018, PP 10 tahun 2019 tentang rekapitulasi perolehan suara yang dilaksanakan pada 9 April 2019,.

"Pleno ini merupakan hasil rekapitulasi perolehan suara dari seluruh kabupaten/kota di Kepri," ujar Sri Wati.

Pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara KPU Provinsi Kepri, akan diawali dengan peroleham suara calon presiden dan wakil presiden dari masing-masing kabupaten/kota, kemudian dilanjutkan dengan rekapitulasi perolehan suara DPR-RI, DPD-RI dan DPRD Provinsi Kepri.

Sementara Komisioner KPU Kepri Divisi Teknis Arison mengatakan, dari 7 kabupaten/kota di Provinsi Kepri, hari ini digelar rekapitulasi dalam rapat pleno KPU kepri yang akan dilaksankan 9-10 ini, akan diikuti Kabupaten Bintan, Lingga, Karimuan, Natuna dan Kota Tanjungpinang.

"Sesuai dengan surat KPU-RI pusat Rapat terbuka Pleno KPU tingkat provinsi, hari ini dilaksankan, kendati memang rekapitulasi tingkat KPU Batam belum selesai," ujar Arison.

Pelaksanaan rapat Pleno rekapitulasi KPU tingkat provinsi akan dilaksankan selama dua hari, kendati masih ada kabupaten/kota yang belum selesai.

"Sambil menunggu Rekapitulasi KPU kota Batam, hari ini siap, maka pelaksanaan rapat pleno hari ini akan dilaksankan pada 5 kabupaten/kota dan besok baru menyusul rekapitulasi dari KPU Batam,"sebutnya.

Editor: Yudha