Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disdik Akan Buka Tiga Kantor Cabang di Daerah Terpencil Kepri
Oleh : Ismail
Rabu | 08-05-2019 | 12:17 WIB
kadisdik.jpg Honda-Batam
Kepala Disdik Kepri, M Dali. (Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk menjangkau pelayanan administrasi pendidikan di daerah, Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berencana akan membuka kantor cabang di tiga Kabupaten di Kepri. Ketiganya yakni, di Kabupaten Anambas, Natuna dan Lingga.

Kepala Disdik Kepri, M Dali mengungkapkan, dibukanya tiga kantor cabang ini merupakan salah satu upaya Disdik Kepri untuk menjangkau pelayanan administrasi pendidikan di daerah.

"Selama ini dalam pelayanan pendidikan di tiga daerah ini menghadapi kesulitan, terutama dalam akses rentang kendala yang jauh. Sehingga sela ini banyak permasalahan yang timbul dan terkadang lambat diselesaikan," katanya, Selasa (7/5/2019).

Ia menjelaskan, hampir sama dengan kerja Unit Pelayan Teknis (UPT) pada OPD lain, nantinya kantor cabang Disdik akan dikomandoi pejabat eselon III. Tugasnya, sebagai perpanjangan tangan Disdik Kepri yang ada di Kabupaten.

"Dengan adanya kantor cabang ini permasalahan yang timbul di daerah akan ditangani lebih awal oleh kepala kantor cabang tentunya melanjutkan ke Disdik Kepri sebagi Dinas Induk," jelasnya.

Apabila kantor cabang Disdik ini berdiri lanjut Dali, setidaknya segala bentuk permasalahan dan kendala yang berkaitan dengan pendidikan di tiga daerah terluar dan terpencil ini dapat segera diketahui.

Dengan begitu, solusi atas permasalahan yang ada dapat segera diantisipasi.

Ia mengungkapkan, rencana pembukaan kantor cabang ini akan ditargetkan pada 2019 ini. Untuk mematangkan rencana, masih dalam pembahasan di internal Disdik Kepri.

Dali menambahkan, rencana ini sudah dilaporkan ke gubernur dan dan mendapat dukungan penuh. Bahkan gubernur mengharapkan segera direalisasikan.

"Gubernur sangat mendukung rencana ini, sebab beliau sangat konsen dan fokus dalam dunia pendidikan ini. Untuk langkah selanjutnya kita akan mendirikan juga di Batam dan Karimun di 2020," katanya.

Editor: Chandra