Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Besok, KPU Batam Gelar Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu
Oleh : Hendra Mahyudi
Sabtu | 04-05-2019 | 16:16 WIB
zaki-kpu113.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Komisioner Divisi Teknis KPU Batam, Zaki Setyawan. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisioner Divisi Teknis KPU Batam, Zaki Setyawan mengatakan pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kota Batam akan mulai digelar pada Minggu (5/5/2019) besok.

Zaki mengatakan, sesuai tahapan yang telah ditentukan KPU RI, pleno rekapitulasi tingkat kabupaten/kota harus sudah selesai pada 7 Mei 2019. Di mana awalnya KPU Batam merencanakan pleno akan dimulai pada Sabtu, (4/5/2019). Namun karena ada kendala masih belum selesainya rekapitulasi di tingkat kecamatan, maka kemudian tertunda.

"Karena masih banyak kecamatan yang belum menyelesaikan rekapitulasi, rencana pleno di tingkat kota digeser besok," ujarnya, Sabtu (4/5/2019).

Dijelaskan, sejauh ini baru tiga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang telah menyelesaikan pleno rekapitulasi yakni PPK Bulang, Belakangpadang, dan Galang. Sedangkan kecamatan lainnya akan diselesaikan secepatnya.

"Untuk PPK lainnya dijadwalkan tanggal 4 Mei sudah menyelesaikan rekapitulasi dan akan segera dikirim ke KPU. Di antaranya yakni Nongsa, Batuampar, Lubukbaja, Seibeduk, Batuaji, Bengkong, dan Batam Kota," lanjutnya.

Sementara itu, PPK Sagulung dan Sekupang masih mengupayaan untuk bisa menyelesaikan rekapitulasi hingga batas akhir hari ini juga. Mengingat dua kecamatan tersebut memiliki jumlah TPS yang sangat banyak dan terdapat beberapa kendala yang menghambat rekapitulasi.

"Pleno akan dilaksanakan dengan merekapitulasi kecamatan-kecamatan yang sudah selesai terlebih dulu, sambil menunggu PPK lain yang masih sedang menyelesaikan rekapitulasi di tingkat kecamatan mereka," pungkasnya.

Editor: Yudha