Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BI Kepri Salurkan Beasiswa Rp 600 Juta Kepada 50 Mahasiswa Umrah
Oleh : Roland Aritonang
Jumat | 03-05-2019 | 16:16 WIB
beasiswa-umrah1.jpg Honda-Batam
BI Kepri bersama mahasiswa Umrah penerima beasiswa. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri memberikan beasiswa kepada 50 mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) sebesar Rp 600 juta pada Jumat (3/5/2019) di Tanjungpinang.

Ketua Tim Pengembangan Ekonomi BI Kepri, Gunawan mengatakan program BI dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan beasiswa untuk mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri di Kepulauan Riau.

"Beasiswa ini saya mengharapkan mampu meningkatkan prestasi akademik para mahasiswa yang menerima," ujar Gunawan.

Gunawan menjelaskan kerjasama dengan Umrah dapat membantu tugas BI dalam menjaga kestabilan nilai rupiah serta penyaluran beasiswa kepada mahasiswa. Sebagaimana diketahui bahwa program ini sudah dilakukan sejak 2015 lalu.

"Untuk tahun 2019 ini disiapkan sebanyak Rp 600 juta untuk 50 orang mahasiswa Umrah. Satu orangnya sekitar Rp 12 juta per tahun, berarti satu bulannya sekitar Rp 1 juta per orang," jelas Gunawan.

Menurutnya penyebaran beasiswa masih diberikan kepada Universitas yang berstatus negeriuntuk mahasiswa tingkat strata satu.

"Jika ada perubahan ke depannya BI juga akan menyesuaikan," tambahnya.

Sementara itu persyaratan mahasiswa yang bisa menerima beasiswa tersebut adalah yang memiliki nilai akademik yang bagus, sikap yang baik, dan diseleksi melalui kerjasama dengan pihak Umrah.

"Awalnya 80 orang, kami seleksi sehingga diperoleh 50 orang," ucapnya.

Pada hari ini juga dilaksanakan pelatihan kepemimpinan. Mahasiswa dibekali agar lebih siap berkiprah di masyarakat dan ikut menyampaikan tugas BI kepada masyarakat.

"Dengan tujuan agar mereka dapat menjadi pemimpin," tutupnya.

Editor: Yudha