PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

May Day, Ribuan Buruh di Batam Gelar Unjuk Rasa di Kantor Graha Kepri
Oleh : Putra Gema
Rabu | 01-05-2019 | 10:04 WIB
may-day-19.jpg honda-batam
Unjuk rasa buruh di depan Graha Kepri, Batam Center, Rabu (1/5/2019). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan buruh dari berbagai serikat di Kota Batam melakukan unjuk rasa di depan Kantor Graha Kepri, Batam Center, Rabu (1/5/2019). Aksi ini dalam bentuk memperingati hari buruh nasional (May Day) yang jatuh pada hari ini.

Dalam aksi ini, ribuan buruh Kota Batam yang tergabung dalam Federasi Serikat Metal Pekerja Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI) terlihat sampai di gedung Graha Kepri pada pukul 09.15 WIB.

Konsulat Cabang FSPMI Batam, Alfatoni mengatakan, dalam aksi damai ini, para serikat buruh akan mengajukan beberapa aspirasi yang sampai saat ini belum juga berhasil terealisasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dan Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

"Kami berdiri di sini untuk melakukan aksi damai, salah satu tuntutan kami terkait upah minimum sektoral kota (UMSK) Batam yang sampi sekarang belum juga ditandatangani Gubernur Kepri," kata Alfitoni.

Ia melanjutkan, harapan besar para buruh ini di hari ulangtahunnya agar Gubernur Kepri dan Wali Kota Batam dapat menemui mereka di lokasi aksi unjuk rasa.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, ribuan buruh ini juga masih akan bertambah lagi. Hal tersebut dikarenakan masih ada beberapa aliansi buruh yang masih dalam perjalanan menuju Gedung Graha Kepri.

Selain itu, satu mobil komando dan poster bertuliskan aspirasi ribuan buruh juga terlihat di depan Graha Kepri. Sampai dengan berita ini diunggah, terlihat ratusan personel aparat kepolisian telah berjaga di depan Kantor Graha Kepri demi mengawal aksi yang aman dan damai.

Editor: Gokli