PKP

Harga Tiket Pesawat Melambung Tinggi, PNBP Hang Nadim Batam Merosot
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 30-04-2019 | 09:04 WIB
edy-pnbp.jpg honda-batam
Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Edy Putra Irawady. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari unit kerja Kantor Bandara Internasional Hang Nadim Batam, menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Realisasi PNBP periode Januari hingga Maret 2018 lalu mencapai Rp 66.123.572.407, sedangkan realisasi 2019 ini mengalami penurunan, PNBP periode Januari hingga Maret 2019 hanya mencapai Rp 50.093.424.050.

"Biasanya orang datang ke Batam karena tugas atau meeting. Penurunan ini diperburuk lagi dengan harga tiket. Sehingga banyak pembatalan," ujar Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Edy Putra Irawady, Selasa (30/04/2019).

Diakuinya penurunan ini dikarenakan menurunnya volume arus keluar masuk melalui Bandara Hang Nadim. Ia menilai, kondisi ini dikarenakan musimnya sendiri dan naiknya harga tiket.

"Jadi mikir kalau orang mau jalan-jalan. Kalau orang mau dinas pasti tak mikir. Itulah yang terjadi. Saya pernah bilang gimana Pak Warso? Kalau turis itu tidak peduli dengan daya saing, dia penting dengan daya tarik dan daya pikat. Orang mengeluarkan uang itu tidak memikirkan biaya tetapi apa kenikmatan yang dia dapat. Seperti bagaimana dia memuaskan pancaindra plus jiwanya," paparnya.

Mengatasi kondisi ini, pihaknya sedang membuat destinasi wisata yang memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga walaupun tiket pesawat harganya mahal, para wisman maupun wisnus tetap bersedia datang ke Batam.

"Tetapi against kita sudah complain mengenai harga tiket. Inilah yang menjadi salah satu penyebab utamanya," katanya.

Editor: Gokli