Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Alami Kendala, Rekapitulasi Suara di Kecamatan Sei Beduk Berjalan Lamban
Oleh : Hendra Mahyudi
Jum\'at | 26-04-2019 | 16:28 WIB
rekap-ppk-seibeduk1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Rekapitulasi perolehan suara PPK Seibeduk. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rekapitulasi penghitungan suara di beberapa kecamatan di kota Batam masih terus berjalan. Batas akhir telah ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI adalah pada tanggal 4 Mei mendatang.

Namun sepertinya penghitungan suara di Kecamatan Seibeduk tidak akan tepat waktu. Pasalnya sempat mengalami kendala.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Seibeduk, Supardi mengatakan sejauh ini penghitungan suara baru berjalan 45 TPS dari 233 TPS.

Ia mengakui, rekapitulasi sempet tertunda untuk 5 TPS karena ada perbedaan jumlah suara antara saksi dan Panwascam. Namun hal itu sudah diselesaikan.

"Kita tetap lanjut terus. Terkait ada masalah, itu sudah diselesaikan dengan saksi dan Panwascam. Sesuai dengan aturan yang ada dalam PKPU," ujarnya, Kamis (25/04/2019) kemarin.

Masih Supardi, saat ada masalah, maka dicek ulang form C1 yang tidak sesuai dengan saksi dan Panwas. Pengecekan itu akan dilanjutkan hingga ada titik temunya, maka setelah itu pleno baru akan dilanjutkan kembali.

"Permasalahan teknis seperti form C1 yang tidak sesuai dengan saksi - saksi dan panwas, apabila tidak ketemu (sesuai) juga maka akan diadakan penghitungan suara ulang," lanjutnya.

Perihal finishing target pleno dalam dua minggu ini, Dia mengatakan, petugas PPK Seibeduk akan berusaha semaksimal mungkin. Pihaknya telah menambah satu panel penghitungan.

"Telah dibuka tiga panel penghitungan suara, dimana satu panelnnya diisi lima orang dan ditambah sekertariat Panwascam," jelasnya.

Sejauh ini untuk penghitungan suara telah berjalan pada kelurahan Duriangkang, di mana ada 47 TPS, Mukakuning ada 27 TPS, dan Mangsang 110 TPS.

"Personil satu panel lima orang. Ditambah dengan sekertariat Panwascam, semoga kendala teknis bisa diminimalisir, kita usahakan cepat selesai," tutupnya.

Editor: Yudha