PKP

Empat Pilar Berperan Menopang dalam Pembentukan Karakter Bangsa
Oleh : Nando
Rabu | 24-04-2019 | 11:44 WIB
sos4_pilar_20_7.jpg honda-batam
Sosialisasi Empat Pilar Anggota DPD RI Muhammad Nabil kepada FKTW Sei Langkai, Sagulung, Batam

BATAMTODAY.COM, Batam - Senator Muhammaad Nabil, Anggota DPD RI asal Provinsi Kepulauan Riau mengatakan, empat pilar sangat berperan dalam menopang terbentuknya karakter bangsa dan mempersatukan perbedaan yang ada di masyarakat.

"Pada kata 4 pilar kebangsaan mencakup tentang Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945 sebagai landasan hukum untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat, NKRI sebagai kesatuan bangsa di dalam kebhinekaan tetap terjaga, dan Bhineka Tunggal Ika untuk mempersatukan perbedaan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Nabil saat melakukan Sosialisasi Empat Pilar pada 1 April 2019 lalu, kepada FKTW Sei Langkai, Kecamatan Sagulung, Batam.

Menurut dia, empat pilar ini akan sangat berperan dalam menopang terbentuknya karakter bangsa dan untuk memperkuat karakter bangsa asalkan para pemudanya selalu mau menghargai dan menjadikan pedoman empat pilar tersebut.

"Empat pilar bangsa yang menopang para pemuda bangsa, hingga membentuk karakter adalah suatu kriteria yang akan terbentuk jika para pemuda mau bersaing menjadi lebih baik, berjaya juang saing, menghasilkan benih-benih yang berpotensi agar lebih maju," katanya.

Anggota Komite III DPD RI menegaskan, semua takkan terbentuk jika para pemudanya tidak berpedoman pada ke-4 pilar tersebut. Malah sebaliknya, yang terjadi adalah para pemuda menjerumuskan bangsanya kedalam masalah yang membuat negaranya takkan maju.

"Jadi butuh kesabaran dari para pemuda itu sendiri dan pedoman kepada 4 pilar kebangsaan," katanya.

Editor: Surya