Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belum Punya Komputer, 209 Pelajar SMPN 6 Numpang UNBK di SMAN 4 Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 22-04-2019 | 09:53 WIB
unbk-smpn-6.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pelajar SMPN 6 Tanjungpinang numpang di SMAN 4 untuk UNBK 2019. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 209 pelajar SMPN 6 Tanjungpinang mengikuti UNBK dengan menumpang ruangan di SMAN 4, Jalan Pemuda Tanjungpinang, Senin (22/4/2019). Hal ini akibat belum adanya fasilitas berupa komputer di SMPN 6 Tanjungpinang.

Sekertaris Daerah Pemerintah Kota (Sekdako) Tanjungpinang, Riono berharap pelaksanaan UNBK tingkat SMP bisa berjalan lancar tanpa adanya kendala. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada SMAN 4 Tanjungpinang yang telah bersedia memfasilitasi pelajar SMPN 6 untuk mengikuti UNBK.

"Karena memang di SMPN 6 sarana pendukungnya sudah disiapkan seperti lokalnya (kelas) tetapi hanya barangnya (komouter) saja yang belum ada. Ini yang menjadi masukan kami, ke depan harus dibenahi, karena salah satu misi Wali Kota difokuskan di bidang pendidikan," kata Riono.

Riono menjelaskan, anggaran untuk pengadaan komputer untuk UNBK di tingkat SMP sudah diploting, Hanya saja, ada kendala sehingga belum bisa direalisasikan.

"SMP 6 sudah disiapkan tiga kelas. Kalaupun barang itu disi sudah ada tempat. Ada sekolah lain tetapi ketika kami meminta registrasi tempat tidak ada tempatnya. Ini yang tidak kami dukung," ucapnya.

Ia memaparkan untuk pengadaan komputer setelah didiskusikan, satu unit mencapai Rp 8 juta, jika 20 unit maka Rp 160 juta. Untuk pengadaan minimal 80 unit komputer di setiap sekolah.

"Makanya ini menjadi bahan evaluasi karena kalau tidak salah ini sudah kami ploting. Malu juga numpang ke SMA. Orang numpang selalu merepotkan," tambahnya.

Di tempat yang sama, Kepala SMPN 6 Tanjungpinang, Nurmalinda mengatakan, harapannya ke depan semua SMP sudah memiliki fasilitas penunjang UNBK. Saat ini di Tanjungpinang baru SMPN 1 Tanjungpinang yang sudah memiliki.

"Kalau untuk ruangan kelas tahun lalu kami sudah siapkan 3 ruangan. Tetapi baru ada 15 unit komputer di situ yang diberikan Dinas Pendidikan. Tahun depan harusnyua sudah ada semua, sehingga Kota Tanjungpinang tidak ada lagi yang menumpang," harapnya.

Dijelaskannya, sebanyak 209 siswa SMPN 6 melaksanakan UNBK selama 4 hari, per hari dibagi dua sesi, karena SMAN 4 memiliki tiga ruang. "Tahun lalu tiga sesi sampai jam 17.00 WIB. Tetapi tahun ini sampai pukul 14.00 WIB," tutupnya.

Editor: Gokli