Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banyak yang Meninggal, KPU Provinsi Imbau KPU Batam Perhatikan Kesehatan Petugas PPK
Oleh : Hendra
Minggu | 21-04-2019 | 12:34 WIB
petugas_ppk_batam.jpg Honda-Batam
Petugas PPK saat rekapitulasi penghitungan suara di Kecamatan Batuaji (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribut claim perihal suara presiden dan legislatif, segenap kitapun lupa akan claim kesehatan para petugas penyelenggara pemilu, terutama perihal kesehatan petugas-petugas yang bekerja di tempat pemungutan suara (TPS). Minggu (21/4/2019).

Sejauh ini kita bisa melihat, bahwasanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum atau mungkin tidak menyediakan asuransi bagi petugas-petugas yang mengalami gangguan kesehatan, hingga meninggal saat rekapitulasi suara.

Hingga berita dituliskan pada Minggu (21/04/2019) pagi ini, melalui data yang dilansir dari beberapa pemberitaan media nasional maupun daerah. Kasus meninggalnya petugas KPPS karena kelelahan terus bermunculan.

Didapati lebih dari 20 kasus naas ini terdapat di beberapa wilayah, seperti; Lampung, Jakarta, Tasikmalaya, Bekasi, Bandung, Malang, Lombok, dan Samarinda. Hal ini semakin menunjukkan sisi kelam pesta demokrasi tahun 2019 ini.

Untuk daerah Batam sendiri, tragedi meninggalnya petugas-petugas panitia penyelenggara memang belum ada, namun perihal kelelahan telah banyak keluhan yang terdengar. Apa kah kita harus menunggu hingga petugas berjatuhan dan menjadi korban atau #MartirDemokrasi?

Mengingat hal ini, dan mulai banyaknya penyelenggara yang kelelahan dalam bekerja, Komisioner KPU Kepri Divisi Hukum, Widiyono Agung S, meminta kepada KPU kota Batam, agar segera berkoordinasi dengan dinas kesehatan agar Puskesmas di wilayah kerja kecamatan dapat memberikan vitamin dan cek kesehatan dini.

"Kepada teman-teman KPU Batam, agar berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat supaya Puskesmas di wilayah kerja kecamatan dapat memberikan vitamin dan cek kesehatan dini," ujarnya.

Dia mengatakan, hal tersebut merupakan bagian dari K-3, untuk mengantisipasi para petugas yang lelah berlebihan.

"Jangan sampai teman-teman PPK dan PPS over kecapek-an, lalu drop. Kita berdoa semua dalam keadaan sehat hingga final di PPK, KPU Kabupaten Kota dan KPU Provinsi Kepri," terangnya.

"Juga, mohon teman-teman (KPU) mengingatkan PPK yang bekerja dalam waktu yang panjang, untuk banyak minum air putih sehingga tidak mengalami dehidrasi," pungkasnya.

Editor: Surya