Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Empat Guru Lingga Wakili Kepri di Olimpiade Nasional di Jakarta
Oleh : Bayu
Jum\'at | 19-04-2019 | 16:04 WIB
olimpiade_guru_nasional.jpg Honda-Batam
Olimpiade Guru Nasional Pendidikan Dasar Tahun 2019

BATAMTODAY.COM, Lingga - Empat guru asal Kabupaten Lingga mendapat kesempatan berlaga pada Olimpiade Guru Nasional Pendidikan Dasar Tahun 2019, yang rencananya akan dilaksanakan pada 29 April mendatang, di Hotel Aston Priority Simatupang, Kebagusan, DKI Jakarta.

Empat guru ini sebelumnya merupakan finalis hasil seleksi Olimpiade Guru Nasional (OGN) yang telah diselenggarakan beberapa waktu lalu di Provinsi Kepulauan Riau.

Mereka adalah Roslinar dari SDN 005 Singkep, kemudian Arman dari SDN 006 Kepulauan Posek, Dona Elfira dari SMP 3 Singkep Barat serta Roma Novelina dari SMP 1 Singkep Barat.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lingga, Junaidi Adjam mengatakan nanti guru-guru ini akan bertanding melawan guru finalis lainnya dari berbagai provinsi yang ada diseluruh Indonesia.

Ia juga turut mengucapkan selamat dan kebanggaannya kepada guru tersebut yang telah terpilih untuk berkesempatan mengharumkan nama kabupaten Lingga dikancah nasional.

"Kami semua bangga, atas prestasi yang sudah diraih. Mudah-mudahan sukses ditingkat nasional, aamiin...," ujarnya

Menurut Junaidi guru-guru yang terpilih merupakan guru yang unggul jika dilihat dari kompetensi pedagogik dan profesional. Yakni yang memiliki pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan kompetensi diri.

Disamping itu, profesional yang dimaksud ialah memiliki penguasaan terhadap materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metode keilmuannya.

Atas dasar kemampuan tersebutlah, maka Dinas Pendidikan Provinsi Kepri mengutus Roslinar untuk mengikuti bidang lomba SD Tematik. Kemudian Arman di bidang lomba SD Matematika, dan Dona Elfia di Bidang lomba SMP IPA serta Roma Novelina untuk ikut dalam bidang lomba SMP Matematika.

"Seperti yang kita ketahui, diantara tujuan dari pelaksanaan OGN tersebut adalah untuk menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat. Memotivasi guru dalam meningkatkan wawasan pengetahuan, profesionalisme dan kinerjanya membangun komitmen guru dalam meningkatkan mutu pendidikan, mengembangkan kesadaran ilmiah guru untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, serta untuk menguatkan profesi guru sebagai profesi yang terhormat, mulia dan bermartabat," terangnya

Junaidi berharap ke empat guru yang mewakili Lingga dapat mampu bersaing dan menampilkan usaha terbaiknya pada olimpiade tersebut.

Diketahui, Olimpiade Guru Nasional Pendidikan Dasar Tahun 2019 merupakan acara yang ditaja oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ini digelar guna meningkatkan wawasan pengetahuan, motivasi, kompetensi, profesionalisme dan kerja keras untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya di kalangan Guru SD dan SMP di Indonesia.

Editor: Surya