PKP

Di Kampung Monggak Galang, Perempuan Didahulukan untuk Nyoblos
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 17-04-2019 | 17:52 WIB
nyoblos-galang1.jpg honda-batam
Pemilihan Umum di Kampung Moggak, Kecamatan Galang. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Cara unik dilakukan oleh panitia pemungutan suara di kawasan Kampung Monggak, Kelurahan Rempang Cate, Kecamatan Galang.

Pasalnya di wilayah kampung nelayan tersebut, para pemilih tidak diharuskan mencoblos sesuai nomor urut. Namun dengan kebesaran hati dan kesepakatan bersama, kaum perempuan dianjurkan untuk memilih terlebih dahulu.

Hal tersebut diadakan bukan tanpa sebab, karena para pria di sana merasa kaum perempuan memiliki kesibukan lainnya di rumah, sehingg bisa segera menyelesaikan pekerjaan mereka, setelah melakukan pencoblosan pada pagi harinya.

"Memang bagus ibu-ibu dulu, biar bise masak langsung abis nyoblos, kalau kite (laki-laki) abis nyoblos bise langsung makan," ujatlr Kupang (51), salah seorang warga yang ditemui di TPS ini. Rabu (17/4/2019).

Sementara itu menurut info yang didapat pewarta pada TPS dengan jumlah DPT sebanyak 291 ini, memang pada pagi hari ramai dihadiri ibu-ibu dan kaum perempuan.

Sementara warga laki-laki yang ada di sekitar lokasi memilih menunggu giliran dan mengarahkan para perempuan untuk segera melakukan pencoblosan.

Ketua TPS-05, Muhammad Djunaidi menjelaskan, selain itu dari cara pencoblosan mereka yang berbeda, hal lainnya yakni terdapat beberapa orang warga yang tinggal di sekitar kawasan perkebunan dekat kampung Monggak, juga ikut memilih di kampungnya. Sehingga menambah jumlah DPT di TPS Monggak.

"Banyak juga orang yang tinggal di kebun datang memilih, cukup banyak, kita baru selesaikan separuh lebih, masih lanjut sesudah makan siang," pungkasnya.

Editor: Yudha