PKP

Sejumlah APK Caleg Masih Bertebaran di Batuaji
Oleh : Irwan
Senin | 15-04-2019 | 13:53 WIB
ak_batam_caleg.jpg honda-batam
APK Caleg Masih Bertebaran di Batuaji (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Masa kampanye pemilu serentak sudah usai. Kini seluruh masyarakat memasuki masa tenang sebelum dua hari lagi memasuki pencoblosan tanggal 17 April. Namun sayangnya, masih banyak ditemui wajah-wajah caleg pinggir jalan Diponegoro hingga Jalan Pahlawan, Batuaji, Batam.

Padahal selama masa tenang 14-16 April tidak diperkenankan ada Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpampang di bahu atau simpang jalan. Pantauan BATAMTODAY.COM, wajah-wajah caleg hingga atribut parpol masih banyak ditemukan di berbagai lokasi di Batuaji.

APK itu bisa dilihat di Simpang Base Camp Jl Diponegoro hingga mengarah ke Tanjunguncang. Di simpang Lampu merah memamg hanya beberapa sejumlah Baliho caleg yang masih terpasang, sementara baliho lainya tampak kosong.

Baliho-baliho caleg juga masih terlihat di Jl Pahlawan atau tepatnya Simpang Lampu Merah Aviari. Meski sejumlah baliho lainya kosong, tapi masih ada satu wajah caleg kota yang terpampang jelas.

Sebagaimana dalam peraturan KPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum pasal 34 ayat 7, pemasangan APK sebagai dimaksud pada ayat (1) menjadi tanggung jawab peserta pemilu.

Selain itu di masa tenang melalui PKPU, KPU mengatur tentang larangan berkampanye di media sosial. Larangan itu tertuang dalam Pasal 53 ayat (4) PKPU No 23/2018.

Editor: Surya