Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Mulai Disitribusikan Logistik Pemilu ke Kelurahan se-Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 15-04-2019 | 10:28 WIB
logistik-pemilu-tpi.jpg Honda-Batam
Proses pendistribusian logistik Pemilu di Tanjungpinang. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai mendistribusikan seluruh kotak suara dan surat suara ke-18 kelurahan se-Kota Tanjungpinang, Senin(15/4/2019).

Komisioner Divisi Hukum KPU Tanjungpinang, Andri Yudi mengatakan, sesuai hasil rapat dan koordinasi, pihaknya memulai mendistribusikan logistik Pemilu, sesuai dengan kebutuhan di masing-masing kelurahan yang ada di Tanjungpinang.

"Alhamdulilah hari telah dimulai distribusi logistik Pemilu ke masing-masing kelurahan yang dimulai dari Kelurahan Kota Piring, Air Raja, Batu 9 dan kelurahan selanjutnya. Yang direncanakan selesai pada pukul 16.00 WIB nantinya," kata Andri, saat ditemui di Kantor KPU Tanjungpinang.

Andri mengungkapkan, untuk kelurahan yang jauh atau tidak gampang dijangkau seperti Pulau Penyengat dan Kelurahan Sungai Nyirih telah disepakati itu nanti akan dilakukan distribusi pada siang hari, karena tempatnya yang akan menyebrang dengan menggunakan pompong. Namun ketika sampai di tempat akan ada sepeda motor kaisar yang akan mengangkut logistik itu.

"Karena nyebrang disediakan pompong dan kaisar yang akan mengangkut 35 kotak di kelurahan yang ada di Pulau Penyengat. Sedangkan untuk Sungai Nyirih ada sekitar puluhan kota suara juga," jelasnya.

Sementara itu, untuk pengangkut logistik di Kantor KPU disediakan 7 unit tuk dan mobil boks. Namun jika kurang telah disediakan mobil cadangan. Untuk antisipasi datangnya hujan truk dan mobil boks telah di sediakan terpal untuk truk atau truk.

"H-1 nanti selanjutnya akan disitribusikan ke masing-masing TPS dan ini diperlukan pengamanan ekstra maka dari itu nantinya telah ditempatkan anggota KPU di sana," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kabag Ops Polres Tanjungpinang, Kompol Very mengatakan untuk personil yang ditempatkan dalam rangka untuk pengamanan pengiriman logistik yang dilakukan KPU ada sebanyak 66 personil baik dari personil Polres Tanjungpinang maupun BKO Dari Brimob Polda Kepri.

"Setiap mobil boks atau truk nantinya dikawal oleh 6 personil, di antaranya dua dialami mobil, 2 personil melakukan pengawalan didepan dan 2 personil melakukan pengawalan di belakang," jelasnya.

Sementara itu untuk, pengawalan distribusi di kelurahan yang terdapat di pulau-pulau seperti di Pulau Penyengat dan Nyirih akan dilakukan pengamanan oleh Satpolair Polres Tanjungpinang.

Editor: Gokli