PKP

Valtteri Bottas Rebut Pole Position Formula 1 GP Cina
Oleh : Redaksi
Sabtu | 13-04-2019 | 17:40 WIB
bottas-f1-1.jpg honda-batam
Pembalap Mercedes Valtteri Bottas ikuti sesi tes Pramusim Pertama F1 2019 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, 18 Februari 2019. Sebanyak 11 pembalap akan mengikuti jalannya hari pertama testing F1 2019. REUTERS/Albert Gea

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Valtteri Bottas merebut pole position Formula 1 GP Cina untuk Mercedes usai menjadi yang tercepat pada babak kualifikasi di Sirkuit Internasional Shanghai, Cina, Sabtu (13/4/2019).

Pemuncak klasemen pebalap sementara itu mencatatkan waktu 1 menit 31,547 detik. Ia mengungguli rekan satu timnya, Lewis Hamilton yang akan start dari P2 dengan selisih tipis 0,023 ddeti.

"Akhir pekan yang bagus sejauh ini, start dari pole. Lap-nya OK, tidak seperti yang aku inginkan tapi untungnya cukup bagus untuk pole. Mobil saya terasa bagus akhir pekan ini," kata Bottas.

Sementara itu, Hamilton memuji penampilan Bottas yang kuat akhir pekan ini di China.

"Valtteri luar biasa sepanjang akhir pekan ini... Banyak waktu tersisa, tapi saya akan coba dan meraihnya besok," kata Hamilton.

Kedua pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc membayangi duo Mercedes di P3 dan P4 dengan selisih waktu kualifikasi sekitar 0,3 detik. Kecepatan mobil SF90 Ferrari di lintasan lurus nampaknya belum cukup untuk mengimbangi performa rival mereka.

"Saya cukup senang karena saya berhasil di usaha terakhir karena waktunya cukup ketat," kata Vettel.

Red Bull berharap akan memberikan perlawanan di papan atas setelah mengunci tempat di grid ketiga start oleh dua pebalap mereka Max Verstappen (P5) dan Pierre Gasly (P6).

Sementara Renault menunjukkan performa impresif di papan tengah. Kedua pembalap mereka Daniel Ricciardo dan Nico Hulkenberg, mampu lolos hingga babak kualifikasi terakhir Q3 dan mengunci P7 dan P8 diikuti oleh dua pebalap Haas, Kevin Magnussen (P9) dan Romain Grosjean (P10).

Waktu putaran Hulkenberg di akhir Q2 menyingkirkan Daniil Kvyat (Toro Rosso) di P11, yang unggul satu posisi dari Sergio Perez (Racing Point) di P12.

Rekor Kimi Raikkonen selam 53 kali berturut-turut lolos di Q3, sejak GP Hungaria 2016, berakhir setelah pembalap Alfa Romeo itu hanya mampu finis P13.

Kemudian McLaren, yang tampil impresif di Bahrain, terlempar dari peringkat 10 besar. Carlos Sainz Jr dan Lando Norris harus puas di P14 dan P15.

Lance Stroll (Racing Point) belum mampu membuat peningkatan dengan mobilnya dan kembali tidak lolos Q1 untuk start di P16 setelah dua pembalap Williams, George Russel (P17) dan Robert Kubica (P18).

Sementara pembalap Alfa Romeo, Antonio Giovinazzi, mengalami kendala dengan power unit mobilnya sehingga melewatkan sesi kualifikasi Q1. Pun demikian, Alexander Albon tidak turun di babak kualifikasi setelah mobilnya rusak parah karena kecelakaan di sesi latihan bebas FP3 pada pagi harinya.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha