Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Optimis Partisipasi Pemilih di Kepri di Atas 70 Persen
Oleh : Ismail
Sabtu | 13-04-2019 | 14:28 WIB
nurdin-new4.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun optimis tingkat partisipasi pemilih pada 17 April mendatang lebih dari 70 persen.

Hal itu dikatakannya setelah melihat antusiasme masyarakat Kepri yang cukup tinggi dalam pelaksanaan menjelang Pemilu 2019.

"Optimis kita bisa sampai 75 persen," ungkapnya kepada awak media di Tanjungpinang, belum lama ini.

Menurutnya, sebagai kepala daerah salah satu tugas yang diembannya adalah menyukseskan pesta demokrasi ini dengan aman, lancar serta meningkatkan partisipasi pemilih. Hal itu bertujuan agar setiap warga di seluruh kabupaten/kota se-Kepri dapat menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin yang akan memimpin Indonesia lima tahun kedepan.

"Jangan sampai warga tidak dapat menggumakan hak suaranya. Itu yang kita cegah," ungkapnya.

Bahkan, lanjut mantan Bupati Karimun ini, jika perlu sebagai salah satu upaya meningkatkan partisipasi pemilih, pihaknya akan memberikan reward bagi masyarakat yang menggunakan hak suaranya. Reward tersebut bertujuan agar masyarakat bersemangat datang ke Tempat Pemilihan Suara (TPS) dan menggynakan hak pilihnya dalam menentukan pemimpin Indonesia selama lima tahun kedepan.

"Kalau perlu kita berikan sapi sebagai rewardnya," tukasnya.

Sebagaimana diketahui, partisipasi pemilih di Kepri selama penyelenggara Pemilu cukup rendah. Bahkan, Kepri masih berada dalam posisi terendah se-Indonesia.

Berdasarkan data dari KPU Kepri dalam penyelenggaraan Pemilu yang digelar dari tahun 2004, 2009 dan 2014 lalu tingkat partisipasi pemilih di Kepri di bawah 50 persen.

Editor: Yudha