PKP

Optimis Partisipasi Pemilih di Atas 70 Persen

Gubernur dan KPU Optimis Pemilu di Kepri Lancar dan Kondusif
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 11-04-2019 | 18:04 WIB
rakor-kpu-gub1.jpg honda-batam
Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepri. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah provinsi Kepri dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri, menyatakan optimis Pemilu 2019 di Provinsi Kepri, akan berlangsung lancar dan kondusif, dengan partaisipasi masyarakat pemilih di atas 70 persen.

Optimisme tersebut lahir atas keyakinan pemerintah Kepri, bahwa masyarakat Kepri memiliki kebersamaan dan jalinan silaturahmi yang sudah tumbuh dan bertahan sehingga dapat di buktikan dengan pesta demokrasi akbar tersebut.

"Kita percaya masyarakat tentu juga ingin pemilu berjalan aman dan lancar, mari kita bersama menjaga pemilu berjalan dengan kondusif," ujar Nurdin saat memimpin Rapat FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Provinsi Kepri dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pemilu 2019 di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Kamis (11/4/2019).

Rapat sendiri turut dihadiri Wakil Gubernur H Isdianto, Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak, Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah, Perwakilan FKPD, Kepala OPD dan Ketua KPU Provinsi Kepri Sriwati.

Nurdin melanjutkan, untuk mewujudkan suasana kondusif tersebut pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan sinergi dengan semua pihak dan pemangku kepentingan lainnya serta jajaran TNI bersama Kepolisian dalam ikut menjaga keamanan.

Untuk itu beragam upaya telah dilakukan dalam mengupayakan hal tersebut antara lain: Rakor FKPD, Sosialisasi peningkatan budaya dan etika politik dalam penguatan ideologi negara, Pembentukan FKPDM hingga ke tingkat Desa dan Kelurahan, Pembentukan FKUB, Sosialisasi tentang pemilu kepada para pelajar dan mahasiswa sebagai pemilih pemula, Pembinaan Ormas serta menjaga netralitas birokrasi.

Nurdin menargetkan partisipasi masyarakat pada pemilu 2019 dapat meningkat, ditargetkan tahun ini persentase bisa mencapai 70 persen keatas.

Sementara itu, Wakil Gubernur Isdianto pun mengajak semua pihak terkait untuk bersama-sama bertanggungjawab untuk membuat pelaksanaan pemilu dapat berjalan lancar.

"Kita berharap tidak terjadi kegaduhan pada perhelatan pemilu nanti mari kita bersama jaga agar pemilu dapat berjalan lancar tanpa hambatan," kata Isdianto.

Rapat sendiri berjalan dengan lancar, masing-masing FKPD turut memaparkan pendapat dan juga memberikan sejumlah saran dan masukan.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Provinsi Kepri Sri Wati juga menjabarkan sejumlah kesiapan pelaksanaan Pemilu di 7 kabupaten/kota di provinsi Kepri, demikian juga koordinasi pengamanan yang dilakukan bersama dengan kepolisian Polda Kepri. (*)