Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kabupaten Anambas Siap Laksanakan Pemilu Damai, Aman dan Lancar
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 11-04-2019 | 17:40 WIB
rakor-anambas1.jpg Honda-Batam
Bupati Anambas, Abdul Haris Pimpin Rapat koordinasi bersama stakeholder jelang pemilu. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Anambas, Abdul Haris pastikan masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas siap menjalani Pemilihan Umum 17 April 2019.

Hal tersebut diucapkannya usai menggelar rapat stakeholder dengan KPU, Bawaslu, Polres Anambas, Kacabjari Tarempa, Pimpinan OPD serta camat di 7 kecamatan di Aula Siantanur, Tarempa, Kecamatan Siantan.

"Dari sisi Pemerintah Daerah semua sudah siap, bahkan dari pengakuan para camat, masyarakat sangat antusias menghadapi Pemilu 2019. Untuk memastikan itu, kami akan melakukan monitoring ke seluruh kecamatan," kata Abdul Haris, Kamis (11/4/2019).

Haris juga mengaku optimis tingkat partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih akan meningkat untuk Pemilu 2019. Pasalnya seluruh stakeholder telah rutin melakukan sosialisasi sebagai ajakan untuk menggunakan hak pilih.

"Kalau dari pengakuan dari para stakeholder baik itu KPU, Bawaslu, Camat, dan Bakesbangpol yang gencar melakukan sosialisasi tentang pemilu, kami yakin partisipasi pemilih akan meningkat. Harapannya mereka benar-benar menggunakan hak pilih karena pilihan hati, bukan karena janji atau pemberian barang," tegas Haris.

Dari sisi KPU kata Haris, pergeseran logistik akan dilakukan 12 April hingga 16 April. Sementara dari Bawaslu dihimbau tetap melakukan pengawasan, serta berharap pengawalan dari TNI/Polri untuk memastikan Pemilu berjalan aman, damai dan lancar.

"Untuk mensukseskan Pemilu, kita semua memiliki peran. Peran itu harus dimainkan, dijaga dan dipelihara. Kami juga imbau para camat dan kepala desa menjaga kondusifitas di tengah masyarakat dan ini didukung dengan sinergitas TNI/Polri," terangnya.

Editor: Yudha