Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekdaprov Kepri Lantik Pengurus ICMI Karimun

Arif Minta Intelektual Daerah Beri Kontribusi Keilmuan dalam Pembangunan
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 11-04-2019 | 08:40 WIB
icmi-karimun-1.jpg Honda-Batam
Sedakprov Kepri, H TS Arif Fadillah saat melantik pengurus ICMI ORDA Kabupaten Karimun periode 2019-2024, Rabu (10/4/2019).

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, H TS Arif Fadillah meminta para intelektual islam daerah yang tergabung dalam Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Kabupaten Karimun mampu mengambil peran dan berpartisipasi dalam keilmuan dalam membangun Karimun dan Provinsi Kepulauan Riau.

"Mereka harus memberi kontribusi dan kemajuan dalam pembangunan dan keilmuan," ujar Arif, usai melantik pengurusan ICMI Kabupaten Karimun periode 2019-2024 di Gedung Nasional Karimun, Rabu (10/4/2019).

ICMI, tambah Arif, adalah organisasi independen, organisasi profesi, organisasi cendikiawan yang terdiri dari berbagai kalangan berilmu, mulai dari ustad, dokter, budayawan, birokrat dan dari berbagai lintas profesi.

Dengan keilmuan yang dimiliki tersebut, Arif berharap, dapat memberi sumbangsih pemikirian dan mengambil peran secara bersama dalam membangun bangsa dan daerah khususnya daerah Kabupaten Karimun. "Saya sangat berharap dan menunggu kontribusi kepengurusan ICMI yang baru dilantik ini," pinta Arif.

Arif berharap kepengurusan ICMI dapat terbentuk di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Riau dalam waktu yang tidak akan lama lagi. Dengan terbentuknya pengurus di seluruh kabupaten/kota, akan semakin memantapkan program ICMI karena basis anggota ada di kabupaten/kota.

"Saat ini, baru ICMI Tanjungpinang, Batam dan Karimun yang sudah dilantik kepengurusanya yang baru. Saya berharap ICMI dapat terbentuk di 7 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau," kata dia.

Kepada jajaran pengurus baru, Arif berpesan agar kehadiran ICMI di Karimun bisa dirasakan masyarakat dengan turut aktif memajukan kehidupan warganya. "Ke depan kita harus partnership dengan semua pimpinan daerah baik Gubernur, Wali Kota, Bupati maupun DPRD, karena kaum cendekiawan harus bekerja dan bersinergi dengan kekuatan-kekuatan di luar secara melembaga," katanya.

Pada kesempatan ini, Arif juga menginformasikan, pada Desember 2019 nanti, Provinsi Kepulauan Riau telah ditunjuk oleh ICMI Pusat menjadi tuan rumah pelaksana Silaturahmi kerja nasional (Silaknas).

Tentunya ini merupakan sebuah kebangggan dan tanggung jawab bagi ICMI Kepri karena telah diberi kepercayaan melaksanakan kegiatan yang berskala nasional. Oleh karena itu, diharapkan kerja sama semua pihak agar acara ini bisa terselenggara sesuai yang diharapkan.

"Mari kita sambut dengan sukacita tanggung jawab besar yang telah diberikan ini. Dengan kerja keras, kerja sama dan koordinasi yang baik antara sesama pengurus ICMI, saya yakin kita bisa menyelenggarakan kegiatan nasional ini dengan sukses," kata Arif, optimis.

Sementara itu, Ketua ICMI ORDA Karimun yang baru dilantik, Muhd Firmansyah dalam sambutannya mengatakan, kesiapan dirinya beserta para pengurus untuk mengemban tugas mulia yang telah diamanahkan ini serta siap bersinergi dengan semua pihak sehingga dapat menyumbangkan kontribusinya dalam penyelenggaraan pembangunan daerah.

"Sebagai wadah kaum cendekiawan organisasi kami berkomitmen untuk berkiprah positif di tengah masyarakat dan memberi manfaat bagi kemashlahatan umat," ucapnya. (*)