Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lima Investor Jepang Berminat Masuk Batam
Oleh : ocep
Sabtu | 10-03-2012 | 17:01 WIB

BATAM, batamtoday - Japan Indonesia Bussines Association (JIBA) berencana menambah investasi asal Jepang di kawasan perdagangan bebas Batam.

Direktur PTSP dan Humas Badan Pengusahaan Batam, Dwi Djoko Wiwoho mengungkapkan rencana tersebut ditandai dengan kunjungan JIBA ke Batam kemarin kemudian menyatakan rencananya untuk memperluas portofolio investasi di Batam.

"Mereka telah mengunjungi beberapa kawasan industri dan juga sudah melakukan pembicaraan dengan Pak Mustofa (Kepala BP Kawasan Batam)," ujarnya.

Dari kunjungan tersebut, kata dia, lima pengusaha asal Jepang telah menyatakan minatnya untuk menanamkan modalnya di Jepang dengan memanfaatkan fasilitas FTZ setelah melakukan penjajakan.

Namun, belum dapat diketahui bidang usaha yang akan mereka garap, juga berapa besar nilai investasinya karena pembicaraan itu belum menyentuh tahap tersebut.

Bagi BP Batam, tambah Dwi, rencana penambahan investasi ini adalah kabar baik di saat dunia investasi di Batam sedang berusaha keras ditingkatkan oleh BP Batam.

Pernyataan minat Jepang untuk menambah investasi di Batam, paparnya termasuk kabar baik mengingat Jepang termasuk sangat selektif dalam proses realisasi investasi.

Mereka dikenal sangat mempertimbangkan aspek pendukung investasi yang disiapkan di daerah yang menjadi tujuan investasinya.

Langkah selanjutnya, BP Batam akan segera melakukan pembicaraan di Osaka, Jepang untuk melancarkan minat investasi pengusaha Jepang.

Dalam kurun waktu 2006-2011, jumlah Perusahaan asal Jepang yang tercatat menanamkan modalnya di Batam hanya mencapai 10 perusahaan.

Perusahaan Jepang banyak menanamkan modalnya di bidang usaha manufaktur kemudian galangan kapal.