Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wabup Natuna Tinjau UNBK di SMAN 1 Bunguran Timur
Oleh : Kalit
Senin | 01-04-2019 | 16:05 WIB
unbk-natuna1.jpg Honda-Batam
Pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Bunguran Timur, Kabupaten Natuna. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Wakil Bupati, Ngesti Yuni Tinjau meninjau pelaksanaan Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) wilayah Kota Ranai, Senin (1/4/2019).

Setelah mengunjungi Sekolah Man dan SMAN 2 Bunguran Timur, Ngesti melanjutkan peninjauan UNBK di SMAN 1 Bunguran Timur yang merupakan sekolah paling tertua di Kabupaten Natuna.

Saat kunjungan, Ngesti mengatakan kendala dalam menghadapi UNBK adalah masih kurangnya sarana dan prasarana komputer di sekolah.

"Pemerintah Natuna tidak dapat membantu, karena untuk tingkat SMA sederajat merupakan kewenangan Pemprov Kepri. Kendala ini nanti akan kita sampaikan ke Pemprov," ujar Ngesti,

Ngesti juga menambahkan, dirinya selaku ketua Komite untuk CSR di Wilayah Natuna akan berusaha meminta bantuan kepada SKK Migas untuk bantuan komputer.

Sementara, Kepala Sekolah SMAN 1 Bunguran Timur, Prihatno Budiriyanto SP.d Juga menyampaikan, untuk kelulusan tahun 2019 bisa mencapai 100 persen. untuk UNBK kini pihak sekolah sangat berperan dalam memberikan kelulusan, dimana hasil penilaian dari sekolah menjadi penentu kelulusan siswa.

"Acuannya nilai kelulusan adalah nilai gabungan dari ujian sekolah berstandar nasional (USBN) dan rapor sekolah ,untuk nilai, masing-masing sekolah berhak menentukan nilainya," ujarnya.

Lanjut Budi, UNBK hanya menjadi prasyarat untuk siswa bisa lulus dari sekolah. Karena jika siswa ingin lulus, harus mengikuti UNBK. Sehingga, melihat penilaian nanti, menurut dia, kelulusan dikembalikan setiap sekolah.

Terkait kurangnya sarana prasana Komputer, pihak SMAN 1 Bungtim memberlakukan sistem pembagian sesi, dari 202 hari peserta UNBK akan dibagi tiga gelombang untuk setiap harinya.

"Kurang nya 123 komputer, peserta UNBK di bagi 3 sesi setiap harinya selama 4 hari ujian," terangnya.

Lanjut Budi, Telkom dan Telkomsel juga mendukung fasilitas Internet dengan menyiapkan wifi di sekolah serta dukungan dari PLN Natuna dan Peminjaman Genset Pemkab Natuna dan pihak keamanan dari Polres Natuna.

" kepala PLN juga ikut langsung memonitor untuk kelistrikan,didukung juga back up kelistrikan dengan peminjam Genset dari Bagian Umum Pemda Natuna" ujarnya.

Sementara, Elpis dari perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri hadir di SMAN 1 menyampaikan data keseluruhan yang mengikuti UNBK tingkat SLTA yaitu SMA 1 Bunguran Timur 202 siswa, SMA 2 Bunguran Timur 132 siswa, SMA 1 Bunguran Tengah jumlah 39 siswa. SMA 1 Bunguran Selatan 37 siswa.

Sedangkan di SMA Bunguran Timur Laut 45 siswa, SMA 1 Bunguran Utara 49 siswa, SMAN 1 Bunguran Barat 54, SMA 2 Bunguran Barat 23, SMA 1 Midai 47 siswa, SMA 1 Serasan 79 siswa, SMA 1 Serasan Timur 38 siswa, SMA 1 Subi 32 siswa, SMA 1 Pulau Laut 28 siswa dan SMA 1 Pulau Tiga 54 siswa.

Editor: Yudha