Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinsos Lingga Mulai Salurkan Bansos Rastra ke Warga Miskin
Oleh : Bayu Yiyandi
Senin | 01-04-2019 | 12:29 WIB
rastra-linga.jpg Honda-Batam
Penyaluran rastra ke kecamatan yang ada di Lingga. (Foto: Bayu).

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Kabupaten Lingga mulai menyalurkan bantuan sosial (Bansos) beras sejahtera (Rastra) ke warga miskin yang terdata dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Senin (1/4/2019).

Kepala Dinsos-P3A Lingga melalui Kepala seksi Kelembagaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Hasbullah mengatakan, penyaluran dilakukan di dua kecamatan terlebih dahulu, yakni Kecamatan Singkep dan Kecamatan Singkep Pesisir.

Setelah itu dilanjutkan dengan Kecamatan Singkep Barat dan Singkep Selatan, Kecamatan Kepulauan Posek, Kecamatan Selayar, Lingga, Lingga utara dan Lingga Timur. Terakhir, di beberapa kecamatan di wilayah Senayang.

"Hari ini kita launching penyalurannya di gudang sementara Bulog Dabosingkep, eks perkantoran PT Timah. Launching kita tadi juga didampingi camat, kepolisian dan beberapa petugas dari Tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK)," kata Hasbullah kepada BATAMTODAY, Senin (1/4/2019).

Adapun penyaluran rastra tahap pertama ini di bagikan kepada 148 KPM di Singkep pesisir dan 410 KPM di Singkep, dari 5.284 KPM yang ada di Kabupaten Lingga.

Penyaluran dilakukan secara bertahap dan ditargetkan selesai dalam minggu ini sampai dengan bulan Mei mendatang.

Hasbullah merinci, untuk satu KPM, rastra yang diterima sebanyak sepuluh kilogram perbulannya. Kemudian dikali tiga menjadi tiga puluh kilogram per KPM untuk pertriwulan.

"Jadi dalam penyaluran juga dikawal terus petugas di lapangan. Kemudian, kita juga minta petugas di desa dan kelurahan, jangan sekali-kali mengurangi takaran yang telah ditetapkan Bulog. Karena petugas kita akan melakukan pemantauan ekstra," ujarnya.

Editor: Chandra