Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

UEFA Cup 2012

Setan Merah Takluk di Kandang
Oleh : Redaksi/Mg
Jum'at | 09-03-2012 | 09:14 WIB
Getty_IMage.jpg Honda-Batam

De Gea, kiper Manchester United ini dipaksa tiga kali memungut bola dari gawangnya sendiri. Foto:Getty Image

MANCHESTER, batamtoday - Bermain di depan publik sendiri, Manchester United harus mengakui keunggulan tamunya, Athtletic Bilbao setelah dipaksa takluk dengan skor tipis 3-2 pada lanjutan Piala Eropa, Jum'at (9/3/2012) dini hari.

Skuad Alex Fergusen itu awalnya tampil cukup meyakinkan. Hanya saja pada 15 menit pertama, mendadak permainan MManchester mulai amburadul. Bahkan dalam hal penguasaan bola, sepanjang pertandingan Setan Merah harus kalah telak dengan tim tamunya.

Meski demikian, Manchester United sempat memimpin lebih dulu setelah umpan Giggs berhasil dimanfaatkan Chicharito dan berhasil memperdayai kiper Bilbao, Gorka Iraizoz. 1-0 untuk skuad Alex Ferguson.

Tertinggal satu gol Bilbao tidak panik. Berkali-kali mereka menciptakan peluang lewat Llorente, Markel Susaeta, dan Andoni Iraola yang masih bisa dihalau De Gea. Usaha Bilbao akhirnya membuahkan hasil satu menit jelang turun minum. Diawali umpan matang Susaeta dari sisi kanan bola sundulan keras Llorente gagal diantisipasi de Gea. Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua dominasi Bilbao tidak kendur. Tercatat di 10 menit pertama De Gea sudah membuat tiga penyelamatan menghalau serbuan anak-anak Basque. Terus menekan tim berjuluk Los Leones itu akhirnya bisa unggul. Berawal dari kerjasama apik Susaeta dan Iker Muniain, sebuah umpan lob dilepaskan ke kotak penalti. Oscar De Marcos yang berlari masuk langsung melepaskan tendangan voli .Gol! dan Bilbao berbalik unggul 1-2.

United benar-benar tampil buruk dalam laga ini, meski tertinggal namun anak asuh Si Alex Ferguson tetap tak mampu menguasai permainan. Akibatnya Rooney dkk. sulit memperoleh peluang. Bukannya membuat gol penyeimbang, gawang De Gea kembali bobol di menit ke-89. Kali ini gol dilesakkan wonderkid, Muniain. Gol diawali tendangan keras De Marcos yang ditepis De Gea, namun bola muntah dengan cepat disambar oleh pemuda berusia 19 tahun itu. United makin tertinggal 3-1.

Beberapa saat usai gol itu, United akhirnya bisa mencetak gol hiburan melalui penalti Rooney. penalti diberikan usai De Marcos menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang. Hingga peluit akhir dibunyikan skor 3-2 untuk tim tamu tidak berubah. Tiga gol away menjadi modal berharga bagi Bilbao saat menjamu United di San mames pada leg kedua pekan depan.